Dibaca: 1,900 kali    Komentar: Belum Ada  

Santhy Hawanti: “Untuk berhasil perlu Tekad dan Nekad”

Santhy HawantiP.S: (di foto) sebelah saya adalah Prof. Liddicoat, supervisor saya
dari RCLC, School of Communication, UniSA

Nama saya Santhy Hawanti. Perempuan yang membawa kedamaian, itu maknanya, kata Bapak saya. Orang seringkali menjuluki saya orang NEKAD, keras kepala dan sering ngga tahu malu. Saya sadar apa yang mereka katakan dan mereka anggap merupakan kelemahan diri saya, sesungguhnya bisa saya oalh untuk menjadi kekuatan. Ya…kekuatan untuk menggerakkan pemikiran, langkah dan optimisme saya meraih impian saya.

Saya menyelesaikan studi S1 saya di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan sempat mengenyam pendidikan di UNJ tahun 1995, karena sakit saya putuskan balik kampung ke Purwokerto dan melanjutkan di UMP. S2 saya tempuh di UNY. Sejak S1 dan S2 orangtua saya tidak banyak membiayai saya karena saya mendapatkan beasiswa. Beasiswa yang saya peroleh, saya dapatkan dengan proses perjuangan yang tidak mudah. Untuk mendapatkan beasiswa S2 saya yang dibiayai UMP, saya harus berbenturan dengan banyak pihak, dan lagi-lagi saya punya tekad: Selama langkah saya benar, saya akan perjuangkan. Saya tidak akan mundur.

Selesai program master saya, saya kembali mengajar di UMP. Tahun 2008, ada tawaran Beasiswa DIKTI untuk program BERMUTU yang diperuntukkan untuk pengembangan pendidikan di Sekolah Dasar. Saya (walaupun belum ada yang merekomendasikan) nekad menghubungi beberapa PT di Australia untuk mendapatkan informasi dan supervisor. Sampai akhirnya berkas saya lengkap, ternyata ada pihak yang tidak menghendaki saya berangkat. Saya hampir menangis, karena untuk melengkapi berkas saja bukan hal mudah. The last minute, saat kekuatan saya meruntuh, saya mendapat telepon dari PR 1 saya untuk mengumpulkan berkas dan akan dibawa ke Jakarta. Itu adalah hari terakhir pengumpulan ke DIKTI. Saya hanya berdoa dan pasrah. Saya sudah berusaha, Allah jua yang menetapkan.

Jujur, saya sering berdoa kepada Allah: Ya Allah, ijinkan saya melihat belahan dunia yang lain dan berkesempatan membawa anak saya melihat negara lain. Bukan berdoa: Ya Alloh mudah2an saya bisa sekolah di luar negeri. Bagi saya ilmu bisa di dapat dimana saja, tetapi kesempatan belajar hidup dan berinteraksi dengan orang lain dengan kultur dan life stile yang berbeda tentu menjadi pengalaman indah.

Akhirnya pengumuman dari DIKTI untuk BERMUTU keluar dan Alhamdulillah saya lolos dengan proses yang tidak sederhana. Setelah berpindah Universitas dari Canberra University, Curtin University dan akhirnya saya menemukan universitas nyaman dengan suasana belajar dan fasilitas pendukung yang luar bisa di Univesity of South Australia. Bidang saya adalah Primary Education dengan konsentrasi research pada guru. Alhamdulillah, berkah lain muncul, saat saya mendapatkan supervisor yang luar biasa baik dan sangat briliant serta expertise di bidangnya : Prof. Tony Liddicoat. Dengan dibantu Dr. Michelle Kohler dan Dr Zheng Lin, saya sedang dalam proses penyelesaian penulisan thesis saya. Insya alloh saya bisa submit secepatnya.

Intinya: Jika ingin mendapatkan atau meraih sesuatu yang kita inginkan, usahakanlah dengan sungguh-sungguh, perlu tekad yang kuat dan optimisme, Jangan menyerah pada kegagalan pertama, kedua atau selanjutnya. Dan sesekali kita perlu sedikit NEKAD. Jangan lemah karena perkataan orang yang kurang mendukung. Yakin, setiap upaya ada hasilnya!

Maaf saya tidak menceritakan bagaimana Tips untuk sukse mendaptkan beasiswa, karena itu bisa teman-teman baca dan dapatkan dari berbagai sumber. Penguatan bathin dan motvasi bagi saya lebih penting. Banyak orang yang berhenti ditengah jalan saat melihat banyak rintangan, padahal sekali langkah saja, sesungguhnya dia akan berhasil.

Saya menerima curhatan di: santhy_h@ymail.com, atau account Fb saya :
Santhy Hawanti.

Mohon maaf jika terlalu berlebih dan sukses buat teman-teman yang
lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>