Dibaca: 10,320 kali    Komentar: 5  

Edy Winarno: “Kunci Meraih Beasiswa BPPS S2 + S3 Sekaligus”

DENGAN NIAT, USAHA DAN YAKIN, AKHIRNYA BISA KULIAH S2 DAN S3 DENGAN
BEASISWA BPPS DARI DIKTI

Edy WinarnoNama saya Edy Winarno, seorang dosen kelahiran Salatiga, Jawa Tengah, dan insya Allah tahun 2011 ini akan melanjutkan studi S3 di UGM dengan beasiswa BPPS. Saya adalah seorang Dosen di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di kota Semarang. Sejak mengenyam pendidikan di bangku sekolah dasar hingga sekarang, peran beasiswa dalam kamus pendidikan saya tidak pernah berhenti. Saat duduk dibangku SD, untuk pertama kalinya saya mengenal istilah beasiswa, walaupun hanya mendapatkan selama 1 tahun. Ketika masuk di bangku SMP dan SLTA pun juga sama, saya juga tidak pernah absen untuk mendapatkan beasiswa dari sekolah meski tidak meng-cover seluruh biaya selama studi. Ketika Kuliah S1 juga sama, beasiswa juga pernah saya dapatkan meski hanya 1 kali periode saja.

Setelah selesai studi S1, Alhamdulillah saya bisa diterima bekerja di sebuah perusahaan swasta di Jawa Tengah. Terbersit pemikiran waktu itu bagaimana agar bisa melanjutkan studi S2 dengan beasiswa dari pemerintah, karena dengan sistem kerja dan gaji pas-pasan selama di perusahaan tidak akan mungkin untuk bisa melanjutkan studi dengan biaya sendiri. Bahkan untuk memperoleh informasi mengenai beasiswa studi lanjutpun, waktu itu sangat minim sekali.

Satu setengah tahun bekerja di perusahaan swasta, rasanya tidak mungkin bagi saya untuk mewujudkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi yaitu S2. Tentunya setelah kesana-kesini mencari informasi, peluang yang sangat besar untuk bisa melanjutkan studi adalah dengan menjadi dosen. Alhamdulillah di tahun 2003 saya lolos seleksi untuk bisa menjadi dosen di sebuah perguruan tinggi swasta di Semarang. 4 tahun bekerja menjadi dosen, dan mempelajari bagaiamana tips, trik dan cara untuk studi lanjut dan mendapatkan beasiswa, akhirnya di tahun 2007 saya mencoba memberanikan diri untuk mendaftarkan diri di program pascasarjana S2 Teknik Elektro di UGM Yogyakarta. Meski harus deg-degan karena mendapatkan pengumuman lolos beasiswa BPPS dari DIKTI untuk periode yang terakhir, akhirnya untuk pertama kali saya bisa mendapatkan beasiswa BPPS full selama 2 tahun dari DIKTI.

Alhamdulillah 2 tahun menjalani kuliah S2 di UGM, tahun 2009 saya diwisuda menjadi seorang Master of Engineering (M.Eng) dari UGM. Setelah kembali bekerja di kampus untuk mengajar, ada tawaran dari pimpinan kampus saya untuk studi S3 dengan dibiayai kampus. Tanpa berfikir panjang, tawaran langsung saya terima. (padahal waktu itu belum ada gambaran topik dan gambaran riset yang akan saya kerjakan). Dengan modal niat dan kemantaban hati, saya mulai merencanakan dan mencari informasi seputar beasiswa seperti yang telah saya dapatkan ketika S2. Ya, bukankan pemerintah sekarang memberikan peluang beasiswa bagi anak-anak bangsa yang ingin melanjutkan studi?. Dengan berpikiran optimis dan juga mempersiapkan syarat-syarat seperti TOEFL minimal 500 dan TPA 550 seperti yang disyaratkan perguruan tinggi yang dituju, akhirnya saya bisa diterima secara akademik dan sekaligus memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa BPPS dari DIKTI untuk mulai studi di program Doktoral Jurusan Ilmu Komputer UGM Yogyakarta mulai tahun 2011 ini.

Sebenarnya kalau dibandingkan dengan rekan-rekan yang lebih beruntung bisa kuliah di luar negeri, saya merasa ini pun juga merupakan keberuntungan saya. Meskipun studi S2 dan S3 dibiayai oleh pemerintah melalui beasiswa BPPS, saya tetap bersyukur dan optimis. Bukankah masih banyak teman-teman kita yang masih bersusah payah membayar kuliah sendiri untuk melanjutkan studinya. Semoga tulisan ini memberikan inspirasi kepada teman-teman yang akan melanjutkan studinya baik di dalam maupun di luar negeri. Yang jelas, untuk kuliah di dalam negeri-pun, kita masih bisa dibiayai oleh Negara meski hanya dari beasiswa BPPS. Semangat, yakin dan berusaha semaksimal mungkin untuk memperoleh apa yang kita cita-citakan adalah merupakan kunci keberhasilan kita untuk bisa mendapatkannya, salah satunya adalah untuk mendapatkan beasiswa. Saya turut berdoa dan mendoakan agar banyak rekan-rekan yang lain bisa memanfaatkan peluang beasiswa untuk bisa melanjutkan pendidikan baik di dalan maupun di luar negeri. Kuncinya adalah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang beasiswa yang akan kita tuju, berusaha memenuhi seluruh persyaratan yang disyaratkan, dan harus yakin dan optimis bahwa kita akan mendapatkan beasiswa yang kita inginkan untuk meraih cita-cita yang kita dambakan. Salam sukses !!

FB : http://www.facebook.com/edywin

EMAIL : edy_winarno@yahoo.co.id

5 Komentar di Posting “Edy Winarno: “Kunci Meraih Beasiswa BPPS S2 + S3 Sekaligus”

  1. Alhamdulillah sy jadi tahu…apakah syarat”nya yg lain….sy sendiri seorg guru honor ingin melanjutkan S3

  2. Saya merupakan seorang mahasiswi Sekolah Tinngi Agama Islam Banjarbaru. Mohon bantuannya untuk mendapatkan beasiswa program S2. Alhmdllh saya lulus dengan IPK 4,00. Masalahnya,Kampus saya akreditasinya C. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>