Dibaca: 2,455 kali    Komentar: Belum Ada  

Novan Bastian Dwi Ardha

CIMG0043 - Formated“Niatku kuat, mendapat beasiswa untuk kuliah studi sarjana strata satu awal perkuliahan atau memperoleh kesempatan untuk belajar di sekolah kedinasan yang dibiayai pemerintah”

Beginning of The Time

Sejak kelas XI SMA aku telah memantapkan niat diatas, untuk mewujudkan keinginan pertama tersebut aku berusaha mencari informasi segala bentuk beasiswa yang telah disediakan oleh Mbah Google, dengan tetap menghimpun info sekolah kedinasan. Hasilnya beberapa informasi beasiswa telah ada ditangan, seperti Paramadina Fellowship (PF), CIMB-Niaga Scholarship, dan Bidik Misi (nah BM tu yang lagi hangat-hangatnya pas angkatanku, tahun 2010) tinggal update informasi ketiga beasiswa tersebut untuk dijalankan saat kelas XII atau kelulusan nantinya. Setelah membaca dan mendapat pengalaman dari bermacam penerima beasiswa, termasuk dari situs Motivasi Beasiswa ini, aku percaya bahwa inisiatif dari sendiri sungguh diperlukan, nantinya kita bakalan harus mengandalkan diri sendiri untuk berusaha survive mewujudkan niat yang kita impikan.

Seiring berjalannya pendidikanku di SMA, kelulusan pun datang. Teman-temanku waktu itu sudah banyak yang diterima di perguruan tinggi yang telah mereka cita-citakan, wiiih ada yang diterima di Akuntansi UI, Ilmu Komputer UI, Kedokteran Hewan UGM, dan bermacam lainya. Sekarang  waktuku nih, bagaimana mengoptimalkan folder beasiswa yang telah kucari sejak setahun terakhir saat itu. Ku flash back ulang informasinya, meng-up date dengan mengunjungi situs beasiswa tersebut namun akhirnya ketiganya belum memihak kepadaku. PF saat itu tidak menawarkan jurusan yang sungguh-sungguh aku minati, di CIMB-Niaga seingatku persyaratannya tidak mendukung dengan kondisiku lulusan program IPA sedangkan keinginanku ngambil IPS, dan BM yang benar-benar aku tidak masuk beberapa kualifikasi. Berhentikah langkah ini? Tidak, aku tak ingin berhenti, percaya saja bahwa perjuangan ini akan indah pada waktunya.

Aha! This Is It, Beasiswa Unggulan

Browse-browse lagi, diskusi di milis beasiswa, mantengin layar komputer untuk baca info-info beasiswa, ya langkah mencari beasiswa tersebut kuulangi lagi dari awal. Kegiatan itu cukup sering aku lakukan sembari menunggu hasil ujian tulis SNMPTN tahun 2010. Hasilnya Alhamdulillah, Allah telah mempertemukanku dengan sebuah blog salah satu penerima Beasiswa Unggulan (BU) batch I, mbak Asmak Afriliana, seorang mahasiswa Universitas Jember angkatan 2006. Meski sampai saat ini pun aku belum pernah ada komunikasi dengan dia :p , sungguh pengalamannya memperoleh BU yang ditulis di blog tersebut sangat memberiku insight dan harapan baru bahwa inilah kesempatanku. Terima kasih banget mbak atas pengalamannya.

Segera setelah membaca tulisan mbak Asmak, aku mengunjungi situs resmi Beasiswa Unggulan. Kuunduh pedomannya, memahami apa saja persyaratannya, tanggung-jawab ketika nantinya sebagai penerima BU, dan ketentuan lainnya. Setelah benar-benar paham, aku segera mempersiapkan dokumen yang diperlukan, nah ini nih waktunya untuk menunjukan seberapa nilai survival ku sebagai scholarship hunter saat itu. Waktu yang cukup lama sebagai status bukan pelajar SMA bukan juga mahasiswa kumanfaatkan dengan optimal untuk bolak-balik SMA minta legalisasi dokumen, fotokopi sana-sini, scanning sertifikat dsb. Saat itu ada salah satu syarat penting yang belum bisa kupenuhi, yap Letter of Acceptance (LoA) atau surat keterangan bahwa aku diterima sebagai mahasiswa di sebuah PT.

Dokumen telah siap, sekarang tinggal dag-dig-dug nunggu hasil ujian SNMPTN. Hasil ujian yang waktu itu harusnya sesuai jadwal diumumkan besok hari eh ternyata teman-temanku pada heboh kirim pesan pendek kalo malam ini pengumumannya sudah keluar. Aku berniat buat liat hasilnya agak malaman, siap browse situs resmi SNMPTN dan Alhamdulillah kembali, aku diterima sebagai mahasiswa Akuntansi, Universitas Brawijaya.  Awalnya aku belum paham benar bagaimana menyertakan LoA untuk melengkapi dokumen pendafaran BU-ku, namun dengan segala kreativitas akibat desakan kebutuhan yaaa akhirnya LoA yang kupahami saat memasuki bangku kuliah, yang harusnya officially minta ke Rektorat, aku hanya melampirkan cetak kartu pendaftaran SNMPTN dan cetak hasil pengumuman lolos seleksi ujian tulis.

Dengan kemantapan hati, aku pun mendaftar Beasiswa Unggulan program mandiri melalui jalur yang ditentukan yakni harus mengisi data online dan mengirim berkas via pos. Aku saat itu mendaftar di pertengahan bulan Juli. ‘Oke aku telah berusaha, pekerjaanku selesai, tinggal Allah yang mengurus sisanya’.  Selalu berdoa untuk kelulusan pendaftaran BU, sepanjang mengikuti kelas-kelas akuntansi yang belum pernah kudapatkan sebelumnya di SMA aku berusaha menikmatinya. Pernah terbesit saat itu, kalaupun di awal perkuliahan ini tidak memperoleh BU aku berniat mengikuti tes sekolah kedinasan kembali karena tes tahun pertamaku gagal alias tidak lolos.

Namun seakan-akan kegagalan lolos ujian sekolah kedinasan itu adalah sebuah jalan yang terbaik yang diberikan Sang Rabb kepadaku. Di waktu siang suatu hari bulan November, aku ingat tanggalnya yaitu 18 November 2010, tiga hari setelah tanggal lahirku :p, hapeku berdering, nomor kode Jakarta kuangkat. Suara diseberang sana menanyakan “Apa benar dengan Novan Bastian?”, “Iya mbak, ada apa?” setelah mengkonfirmasi sedikit identitas dan kebenaran pernah mendaftar program BU, aku diinformasikan bahwa aku merupakan salah satu penerima Beasiswa Unggulan Batch V atau angkatan 2010. Alhamdulillah,bersyukur kembali. Seakan nikmat Allah tidak berhenti melingkari ku.

Aku percaya bahwa semuanya berawal dari niat, dengan niat aku mampu melihat gambaran besar dan kedepan hal yang ingin kutuju. Meski terdapat hambatan, kekurangan dan kegagalan segala hal yang kuhadapi selama menjalani proses meraih Beasiswa Unggulan aku diingatkan kembali oleh Rabb akan niat awalku memperoleh beastudi ini. Dengan niatlah segala sesuatu yang kulakukan bermuara pada Beasiswa Unggulan. Semoga cerita ini memberikan manfaat kepada para pembaca sekalian, tetap semangat untuk memperoleh beasiswa yang kamu impikan. Percayalah semua yang kamu berikan dengan sepenuh hati untuk meraih hal itu akan indah pada waktunya, bukan waktu yang kamu tentukan namun waktu yang Allah tetapkan untukmu. Salam Motivasi Beasiswa untuk semuanya !

Novan Bastian Dwi Ardha

Mahasiswa Sarjana Ekonomi, Universitas Brawijaya

Penerima Beasiswa Unggulan Batch V

Keep contact with me on:

e-mail – bastian.novan@gmail.com

blog – http://mywordsin.wordpress.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>