Dibaca: 17,122 kali    Komentar: 246  

“Beasiswa LPDP, Beasiswa Calon Pemimpin Bangsa”: Info & Tips seorang Reviewer :)

LPDPApakah kamu pengin sekolah S2 atau S3 di Dalam Negeri atau malah ke Luar Negeri 100% GRATIS plus Dapet Tunjangan Hidup Bulanan & Penelitian? 

Apakah kamu kekurangan dana untuk menyelesaikan Tesis S2 kamu atau Disertasi S3 kamu (dalam negeri maupun luar negeri)?

Apakah kamu salah satu anak bangsa yang berada di daerah terpencil/tertinggal/perbatasan dan punya tekad kuat untuk S2/S3 di dalam/luar negeri?

Apakah kamu salah satu anak bangsa yang pernah punya prestasi di bidang Olimpiade Sains dan Teknologi, olah raga dan seni/ budaya di tingkat Nasional/ Internasional dan punya tekad kuat untuk S2/S3 di dalam/luar negeri?

Kalau kamu salah satu diantaranya, atau Bapak/Ibu memiliki mahasiswa atau kenalan/keluarga yang termasuk diantaranya, Alhamdulillaaah kini makin banyak saja berbagai beasiswa disediakan oleh pemerintah kita, salah satu yang terbaru yakni Beasiswa LPDP (www.lpdp.depkeu.go.id) , sebuah beasiswa prestisius dengan berbagai keistimewaannya.

KEISTIMEWAAN BEASISWA LPDP

- Beasiswa ini dapat di-apply siapa saja: tidak harus PNS, tidak harus dosen, tidak harus punya pengalaman kerja, bahkan termasuk kamu yang masih menganggur belum bekerja.(*mulai akhir tahun 2013, Pelamar dengan status “Dosen Tetap” PTN/PTS dan telah memiliki NIDN disarankan melamar Beasiswa DIKTI, Bukan LPDP. Pelamar dengan status tersebut apabila lolos seleksi LPDP hanya akan direkomendasikan namanya ke DIKTI tetapi pihak LPDP tidak memiliki wewenang memberikan beasiswa).

Beasiswa inipun dapat di-apply dari mana saja: dapat dari Indonesia maupun kamu yang mungkin saat ini masih tinggal di luar negeri. Beasiswa inipun dapat di-apply Kapan Saja: sepanjang tahun, jika kamu lolos administrasi maka akan diproses di seleksi wawancara terdekat; jika kamu belum berhasil kamu masih bisa mencoba lagi, mencoba lagi, mencoba lagi kapan saja sambil memperbaiki kekurangan kamu.

- Beasiswa  ini membayar berapapun besar SPP sekolah kamu! Bahkan beasiswa ini telah membuktikan diri membayarkan biaya SPP seorang penerima beasiswa yang memilih bersekolah di Naval Academy USA yang mewajibkan pembayaran SPP 100% dibayar di muka hingga lebih dari Rp 3 milyar

- Beasiswa ini menjamin pembayaran SPP (langsung di bayar ke university) dan pengiriman Living Alowance TEPAT WAKTU (langsung ke rekening student) dengan besar sesuai dengan apapun kondisi standar hidup di negara bersangkutan!

- Beasiswa ini menyediakan Program Pembekalan Nasionalisme & Kepemimpinan sebelum penerima beasiswa melaksanakan studinya dengan melibatkan tokoh-tokoh nasional dan bekerja-sama dengan TNI, bahkan untuk angkatan I & II ini penerima beasiswa akan melakukan program pembekalan di atas kapal perang TNI AL!!

- Beasiswa LPDP ini khusus berasal dari Dana Abadi Pendidikan, bagian dari dana 20% alokasi pendidikan RAPBN negara kita yang disisihkan dan diinvestasikan. Hasil investasi inilah yang secara flexibel siap dimanfaatkan untuk beasiswa & penelitian di Indonesia, dengan Dana Pokok Investasi yang senantiasa bertambah setiap tahunnya. Saya katakan flexibel karena dana pendidikan ini 100% dikelola LPDP, dan terbebas dari dinamika politik & birokrasi yang seringkali membuat beasiswa terhenti atau terlambat diterima penerima beasiswa.

- Bagi saya beasiswa LPDP ini istimewa, mirip & berpotensi menyamai beasiswa Australia Leadership Award (ALA) yang pernah saya terima untuk S3 saya, sebuah beasiswa prestius dari pemerintah Australia khusus untuk calon-calon pemimpin Asia Pasifik 5-10 tahun ke depan, atau beasiswa Fulbright Amerika. Beasiswa LPDP inipun menaruh perhatian lebih pada anak-anak bangsa di seluruh pelosok Indonesia yang memiliki potensi-potensi kepemimpinan dan tekad membawa perubahan bagi daerah dan Indonesia ke depan.

- Tidak Ada Batasan Jumlah (Quota) Penerima Beasiswa. Menariknya, beasiswa LPDP ini tidak mengenal Kuota alias Tidak Ada Persaingan antar Peserta! Bisa dikatakan setiap peserta hanya bersaing dengan dirinya sendiri, hanya memastikan apakah ia benar-benar telah memenuhi kualifikasi yang dicari ama LPDP. Jika ya maka pasti dapet, nggak perduli berapapun jumlah pelamar jika cocok semua ya dikasih semua. Untuk beasiswa Master & Doktor, berapapun biaya SPP Studinya jika memang cocok sesuai kualifikasi LPDP ya pasti diterima dan dibayarin semuanya!

Apa itu Beasiswa LPDP?

LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, sebuah Badan Layanan Umum (BLU) yang berada di bawah Kementrian Keuangan untuk mengelola Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). Lembaga ini berdiri pada tanggal 30 Januari 2012 berdasar Keputusan Menteri Keuangan No. 18/KMK.05/2012.

DPPN merupakan penyisihan anggaran pendidikan setiap tahun yang diinvestasikan. Dana ini digalang sejak 2010 lalu atas inisiatif Menteri Keuangan yang dijabat oleh Sri Mulyani Indrawati. Saat ini total DPPN mencapai Rp 16 triliun, sebuah angka fantastis menunjukkan keseriusan pemerintah untuk menyekolahkan anak-anak bangsa. Alokasi dana LPDP meliputi 3 hal: Program beasiswa, program pendanaan riset, dan program dana cadangan pendidikan seperti renovasi fasilitas pendidikan yang rusak karena bencana alam, dll.

 

Jenis Beasiswa yang Disediakan?

 Ada 3 jenis beasiswa LPDP yang disediakan:

1. Beasiswa Pendidikan Magister & Doktor (untuk dalam maupun luar negeri)

2. Beasiswa Tesis & Disertasi (untuk studi di dalam maupun luar negeri)

3. Beasiswa Afirmasi: yakni program beasiswa yang ditujukan kepada kelompok masyarakat yang mempunyai prestasi akademik jenjang Sarjana/ Magister yang berasal dari daerah perbatasan dan daerah tertinggal; dan kelompok masyarakat yang telah berjasa membawa nama Bangsa Indonesia dalam bidang Olimpiade Sains dan Teknologi, olah raga dan seni/ budaya di tingkat Nasional/ Internasional

 

SYARAT PELAMAR BEASISWA LPDP

 I. Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Lulusan program studi dari perguruan tinggi di dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau perguruan tinggi di luar negeri yang berkategori baik sesuai daftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
  3. Mempunyai jiwa kepemimpinan;
  4. Aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan;
  5. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat tindakan melanggar hukum;
  6. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat dalam tindak pelanggaran kode etik akademik;
  7. Menandatangani Surat Pernyataan mengabdi pada kepentingan bangsa Indonesia;
  8. Menandatangani Surat Pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain;
  9. Mendapatkan Surat Tugas Belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja;
  10. Mendapatkan Surat Keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja; (boleh siapa saja, termasuk Pak Lurah, dll)
  11. Memilih program studi dan/atau perguruan tinggi yang disetujui oleh LPDP;
  12. Mengupload Essay dengan tema:
    1. Peranku bagi Indonesia
    2. Sukses terbesar dalam hidupku
  13. Rencana Studi untuk program Magister
  14. Proposal Penelitian untuk program Doktor

II. Persyaratan Khusus

  1. Usia maksimum bagi pelamar beasiswa pada saat penutupan pendaftaran adalah:
    1. 35 (tiga puluh lima) tahun untuk program Magister, 37 tahun untuk Beasiswa Tesis.
    2. 40 (empat puluh) tahun untuk program Doktor, 44 tahun untuk Beasiswa Disertasi.
  2. Telah menyelesaikan dan memperoleh gelar akademik:
    1. Sarjana/DIV untuk pelamar program Magister dengan IPK 3,00 pada skala 4
    2. Magister untuk pelamar program Doktor dengan IPK 3,25 pada skala 4
  3. Kemampuan penguasaan bahasa Inggris:
    1. TOEFL ITP 500 untuk studi pada program Magister/Doktor di perguruan tinggi dalam negeri;
    2. TOEFL ITP 550 untuk studi pada program Magister/Doktor di perguruan tinggi luar negeri atau memiliki letter of acceptance (LOA) dari Perguruan Tinggi Luar Negeri;
    3. untuk pelamar yang memilih program studi Magister atau Doktor luar negeri yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar akademiknya, dapat menyesuaikan dengan persyaratan kemampuan berbahasa asing yang berlaku di perguruan tinggi tersebut.
  4. Lama Masa Studi Program Pilihan:
    1. maksimal 2 (dua) tahun untuk program Magister
    2. maksimal 4 (empat) tahun untuk program Doktor

Persyaratan Penerima Beasiswa Tesis/Disertasi

    1. Mahasiswa program magister/doktor yang sudah menyelesaikan seluruh mata kuliah;
    2. Judul penelitian dan bidang kajian yaitu teknik, sains, pertanian, akuntansi dan ekonomi, hukum dan agama;
    3. Pelamar harus mengupload dokumen-dokumen dan mengisi formulir pendaftaran sebagai berikut:a. Transkrip nilai akhir seluruh mata kuliah;b. Proposal tesis dan/atau disertasi yang sudah disetujui oleh pembimbing atau promotor;c. Surat Keterangan Lulus Seminar Proposal;d. Surat Pernyataan tidak sedang dan tidak akan menerima bantuan beasiswa tesis dan disertasi dari sumber lain baik dalam negeri maupun luar negeri;e. Rencana Anggaran Belanja sesuai dengan satuan biaya yang berlaku;
      f. Essay maksimal 3 halaman (A4) tentang peranan penerima beasiswa dalam upayanya:

- meningkatkan daya saing/nilai tambah produk dan/atau jasa nasional, dan/atau;

- menyelesaikan permasalahn masyarakat dan bangsa, dan/atau

- memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya.

PROGRAM STUDI SASARAN BEASISWA LPDP:

Teknik, Sains, Pertanian, Akuntansi/Keuangan, Hukum, Agama, Kedokteran, Ekonomi, dan Bidang Lain (Sosial, Ekonomi dan Budaya);

 

Perguruan Tinggi (PT) TUJUAN STUDI yang diPrioritaskan Beasisw LPDP:
- PT dalam Negeri adalah Terakreditasi A oleh BAN-PT (Prodi dan Institusi), atau PT yang masuk daftar 500 terbaik dunia;
- PT Luar Negeri adalah yang masuk dalam 300 besar dunia, dan/atau program studi yang terakreditasi oleh profesi masing-masing (Luar Negeri)

 

TAHAPAN BEASISWA

 Tahapan I: Penilaian Kelengkapan Administrasi

Dalam tahapan ini, data isian & file dokumen kamu akan diperiksa LPDP terkait
a.Kelengkapan dokumen
b.Pemastian informasi kepada peserta (lengkap atau tidak lengkap)
c.Memenuhi syarat/tidak
 Dokumen aplikasi yang lengkap & memenuhi syarat selanjutnya di distribusikan ke reviewer secara online untuk di nilai

 

Tahapan II: Penilaian Dokumen

Dalam tahapan ini, isian form dan file dokumen yang telah kamu isi & upload di sistem online LPDP akan dinilai oleh Reviewer LPDP melalui sistem online dengan komponen penilaian meliputi:
- Akreditasi Program Studi oleh BAN-PT (mengingat belum meratanya kualitas PT di Jawa dan di luar Jawa, penilaian dalam poin ini bersifat relatif).
- Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) peserta.
- Skor TOEFL (atau skor lainnya yang setara), termasuk lembaga yang mengeluarkan skor TOEFL. Untuk beasiswa studi Magister/Doktor, skor TOEFL ini tidak lagi menjadi pertimbangan apabila pelamar telah dapat menunjukkan Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/Offer) dari universitas tujuan.
- Kepemimpinan
- Potensi Untuk Berkembang/ Maju
- Kegiatan Sosial Masyarakat
- Idealisme  dan Nasionalisme
Semua pelamar yang nilainya memenuhi nilai minimum, pasti akan diundang LPDP untuk mengikuti tahap ke seleksi wawancara. Pengumuman disampaikan di website lpdp dan email pemberitahuan langsung ke peserta, jadi jangan males untuk ngecheck email dan update website LPDP pada tanggal pengumuman seleksi ya!

Tahapan III: Tahapan Seleksi Wawancara 

Setiap Peserta akan diwawancara oleh 2 orang Interviewer dari Bidang Keilmuan terkait (rata-rata bergelar profesor, minimal bergelar Dr) dan 1 orang Psikolog. Tujuan dari session  interview ini adalah mengkonfirmasi secara detail data diri dan rencana studi kamu termasuk value-value yang kamu ceritakan dalam tulisan essay kamu.

Kedua interviewer dari Bidang Keilmuan terkait biasanya akan menggali lebih dalam rencana studi, detail proposal penelitian, hingga penguasaan ilmu terkait dengan rencana studi/penelitian yang kamu mintai dana. Sedangkan psikolog focus melihat aspek kejiwaan, kepribadian, dan potensi-potensi yang kamu miliki untuk berhasil dalam studi/penelitian dan menjadi agen perubahan seusai studi/penelitian. Lewat pertanyaan-pertanyaan yang saling mengkonfirmasi dari ketiga Interviewers dan file data yang telah dimilikinya, umumnya kelebihan-kelebihan dan kekurangan dari pelamar biasanya dapat kami ketahui. Pun, beberapa pelamar yang berbohong, berpura-pura, hingga memalsukan data biasanya akan dapat kami ketahui :)

Nilai dari ketiga interviewer akan dihitung dan dikonfirmasikan dengan nilai dokumen aplikasi.

Proses wawancara ini umumnya dilakukan dengan cara Tatap Muka Langsung atau apabila pelamar sedang berada di luar negeri dilakukan Teleconference.

Di bawah ini bagan mekanisme proses seleksi beasiswa Magister & Doktor (Klik Gambar untuk memperbesar)

LPDP_mekanisme

 

 

 

 

 

 

 

 

TIPS LOLOS BEASISWA LPDP:

1. Pastikan kamu memenuhi & mengirimkan semua syarat & berkas administrasi yang diminta. Jika terdapat syarat yang belum terpenuhi, usahakan mencari/memenuhinya terlebih dahulu. Untuk syarat nilai TOEFL, jika kamu benar-benar mentok nggak bisa mencapai angka 550 maka beberapa alternatif strategi adalah mencari program studi di negara Non-English speaking countries dan/atau mencari Letter of Acceptance -nya dahulu :) Usahakan memilih Bidang Studi & Perguruan Tinggi tujuan yang diutamakan oleh LPDP (dapat kamu temukan di sistem pendaftaran online LPDP).

2. Gali dan kembangkan pengalaman kerja, organisasi, maupun karakter-karakter diri kamu yang mampu membuktikan jiwa/potensi kepemimpinan kamu, pada level apapun. Jangan remehkan pengalaman berorganisasi kamu di kampung, OSIS, atau bisnis keluarga kamu. Sesederhana apapun pengalaman kamu dan sekecil apapun lingkup lingkungan kamu, tuliskan dan yakinkan bahwa kamu adalah seorang “Pemimpin”.

3. Gali dan ajukan topik-topik penelitian atau rencana studi yang strategis bagi kepentingan orang banyak (bukan hanya sekedar kepentingan ambisi studi pribadi kamu), inovatifimplementatif, bahkan usahakan gali sisi kepentingan penelitian atau rencana studi kamu bagi kepentingan nasional Indonesia.

4. Jangan sekali-kali berbohong atau memalsukan data, karena kepribadian kamu khususnya integritas diri kamu juga faktor utama penentu Interviewer meloloskan aplikasi beasiswa kamu.

5. Untuk beasiswa Tesis/Disertasi buatlah Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang detail, jelas, & masuk akal (jangan model ‘glondongan’). Semua item rencana pengeluaran harus dapat dijelaskan. Biasanya kami, para Interviewer akan menanyakan setiap item dan diberikan kewenangan mengusulkan berapa usulan total bantuan dana sebenarnya berdasarkan penjelasan dari dari pelamar. Total besar dana yang diminta juga tidak boleh melebihi batas, silahkan lihat di sistem aplikasi online LPDP tentang besar maksimal anggaran, yang jelas dibedakan antara penelitian Lab dan non-Lab.

6. Jangan lupa ikhtiar Non-Fisik: Shodaqoh, sholat, doa, dll. Kalau mau coba doa-doa atau amalan makbul beasiswa bisa juga baca buku saya :)   “Step-by-Step Sukses Meraih Beasiswa dengan IPK Rendah”

Demikian sekedar meneruskan info & tips memperoleh beasiswa LPDP, dengan harapan semakin banyak anak-anak bangsa yang mampu mewujudkan cita-cita pendidikannya, mampu menyelesaikan penelitiannya, dan mampu menjadi agent of change pembangunan di seluruh pelosok tanah air.

Mohon bantuan sebarkan informasi beasiswa ini ke teman, kerabat, mahasiswa, dan lingkungan anda dan Kunjungi Website Resmi Beasiswa LPDP untuk info terbaru: (www.lpdp.depkeu.go.id)

Silahkan baca & explore website Motivasi Beasiswa untuk Memotivasi Diri & Memperoleh lebih banyak lagi Tips memperoleh berbagai beasiswa langsung dari penerima-penerima beasiswa seluruh dunia.

Mari bergabung dengan Facebook Group ‘Motivasi Beasiswa’ untuk berkumpul & meng-update informasi beasiswa terbaru: http://www.facebook.com/groups/motivasibeasiswa/

Informasi Lebih lengkap tentang Step-Step Memperoleh Beasiswa dapat dibaca di Facebook Page “Strategi 14 Langkah (Sambel) Beasiswa” di http://www.facebook.com/sambelbeasiswa

Ingatlah selalu: “Beasiswamu adalah Hutangmu kepada Rakyat Indonesia, karena dengan rupiah demi rupiah pajak Rakyatlah Engkau disekolahkan!”

(*mulai akhir tahun 2013, Pelamar dengan status “Dosen Tetap” PTN/PTS dan telah memiliki NIDN disarankan melamar Beasiswa DIKTI, Bukan LPDP. Pelamar dengan status tersebut apabila lolos seleksi LPDP hanya akan direkomendasikan namanya ke DIKTI tetapi pihak LPDP tidak memiliki wewenang memberikan beasiswa).

(** Ditulis oleh Tony D Susanto, Ph.D.; Penulis adalah Reviewer & Interviewer Beasiswa LPDP, BPPDN DIKTI, dan AIYEP-Australia; Motivator Beasiswa – follow Twitter @tonydwisusanto, Pendiri & Koordinator komunitas Motivasi Beasiswa; Penulis Buku “Step-by-Step Sukses Meraih Beasiswa dengan IPK Rendah” dan Editor Buku “Kumpulan Kisah Inspiratif dan Tips Meraih Beasiswa dari Penerima Beasiswa Seluruh Dunia”; Dosen ITS Surabaya; dan Peneliti eGovernment & IT Governance)

 

246 Komentar di Posting ““Beasiswa LPDP, Beasiswa Calon Pemimpin Bangsa”: Info & Tips seorang Reviewer :)

  1. thanks infonya pak, sy sedang menyelesaikan S3 di Miyazaki University Japan, skrg ini sdh memasuki semester ke-6, telah menyelesaikan semua riset tapi harus memperpanjang 1 semester karena journal sy masih direvisi, beasiswa sy hanya sampai 3 tahun dari pemprov dan sekarang sy sdh 3 tahun karena sebelum masuk program sy harus riset student 3 bualn di lab, sehingga tuition fee dan living cost utk semester ke-6 sampai skrg belum ada, sy terpaksa hrs pulang dulu karena jaminan beasiswa sy habis dan tidak dapat memperpanjang ijin tinggal, apakan sy bisa memperoleh beasiswa disertasi untuk membayar tuition fee semester ke- 6 dan extend sy semester depan serta living cost sy yg sdh habis sejak 1 july nanti, sy sdh menyelesaikan 2 journal (under review) dan 2 journal lagi masih in progress.

    salam

      • sy mau nanya universitas LN yg ingin sy tuju masuk dalam daftar beasiswa BPPS tetapi tidak ada di dalam list lpdp, apakah tetep bisa apply thank’s infonya

      • Apakah mungkin, universitas di kota Budapest, Hungaria menjadi tempat tujuan studi? Mengapa saat mengambil pilihan negara & universitas, kota dan negara tersebut tidak ada? Mohon petunjuk, terimakasih.

    • halo pak…
      terima kasih untuk infonya
      saya sekarang sedang studi di Taiwan, dan berencana untuk apply beasiswa ini tahun depan untuk s3.
      saya ingin menanyakan mengenai Dokumen surat pernyataan no 5-8 dan 10.
      Surat no 5 dan 6 apakah saya harus meminta dari kampus dan kepolisian disini? karena sepertinya kampus tidak menyediakan surat seperti itu..untuk 7-8 apakah saya bisa membuat sendiri? atau lpdp telah menyediakan formnya?
      untuk no 10. apakah saya bisa meminta kepada ketua PPI taiwan? atau cukup organisasi mahasiswa indonesia di kampus saya?
      terima kasih

      • mas Mario, saya tidak hapal item2 surat pernyataan, in general LPDP di sistem online sudah menyediakan template sehingga tinggal download atau ketik ulang format sejenis dan mintakan kepada pihak yang terkait. Misal jika referensi tokoh masyarakat, siapapun bisa, Pak RT/RW pun juga bisa, hanya ingat pemberi referensi juga merupakan ‘poin’ tersendiri :)

    • sy mau nanya untuk daftarnya t gmana ya? saya sudah masukin email dan pasword sesuai dengan petunjuk tapi kok uncorrect terus ya?
      trimakasih

    • masih mbak Fatma, sebagai contoh beasiswa DIKTI Luar negeri memiliki batas hingga 53 tahun, bahkan beasiswa2 langsung dr universitas di luar negeri hampir tidak pernah mencantumkan batas usia

      • matur nuwun atas perhatian pak Tony. kalau melihat persyaratan ngeri sekali pak Tony, padahal motivasi saya ingin belajar keluar negeri atas dasar kebutuhan karena sering melihat kondisi lapang sehingga materi yangingin saya timba di luar negeri dapat menyelesaikan permasalahn di Indonesia, khususnya di Surabaya. kalau dulu usia masih muda tidak ada keinginan menimba ilmu di luar negeri karena belum diberi hidayah. saat ini saya motivasi warga saya untuk menggerakkan warga pasar dan pedagang kaki lima/PKL untuk mengolah sampah tuntas di tempat. belum ada di Surabaya (bahkan di Indonesia). langkah apa ya pak Tony yang jelas saya lakukan, mungkin pak Tony bisa ber iba hati.. waktu saya banyak untuk kegiatan di masyarakat pak… sehingga tahu permasalahan … sehingga usia sudah tergolong tua…matur nuwun pak Tony bila direspon

  2. Assalamu’alaikum Pak Tony, alhamdulillah saya sudah memperoleh LOA dr Leicester univ untk kelas sept’13, apakah masih mungkin terkejar kalo saya apply beasiswa LPDP skrng?

    • aplikasi Beasiswa LPDP dibuka sepanjang tahun mas Iqbal..kirim saja, ntar pasti diproses untuk proses seleksi terdekat, jika sudah lewat akan diproses di term berikutnya..setahu saya dalam 1 tahun minimal ada 2 term

      • Kalo LoA nya masii conditional untuk ielts apakah diperkenankan oleh LPDP? Karna saya baru akan mengikuti IELTS test 6 july ini.

        • Bisa mas Iqbal, hanya akan jadi catatan buat Interview..artinya mas masih harus membuktikan dgn nilai IELTS atau LOA unconditional

          • PakTony, dari format surat izinbgi yg udhkerja, keliatannya bagi instansi pemerintahan, untuk yg bekerja di perusahaan swasta blh dirubah untuk format yaa?

            Salam,
            Iqbal

  3. sayang sekali umur saya > 40. Padahal sangat memnginginkan untuk melanjutkan ke jnejang S3 dengan fasilitas BEASISWA ini …

    • Pak Bahar, beasiswa DIKTI dalam/luar negeri masih memungkinkan pelamar hingga usia 53 tahun atau beasiswa2 langsung dari universitas di luar negeri. Silahkan dicoba

  4. Salam hormat…
    pak, saat ini saya sudah lulus kuliah s2 di Indo, tetapi mau sekolah s2 lagi di LN, program saya selesai sekitar awal 2015, kalo mulai tengah tahun depan saya mendaftar Lpdp dan saat itu telah memperoleh/ blm LoA untuk yang tahun 2015, apakah bisa pak??
    (ijasah yang saya pake adalah ijasa s2 yang di Indonesia, karena pada tahun 2014 saya masih blm menyelesaikan yang program s2 di LN)

    Terimakasih Pak Tony…
    Salam

    • mas Rahmat, saran saya apply aja untuk S3 luar negeri (bukan S2 lagi) karena pengalaman saya (ini subyektif pengalaman saya ya) applicant yang mengulang level studi yang sama akan sulit diterima kecuali dengan alasan yang benar2 sangat argumentatif & penting bagi kepentingan nasional

  5. Iya Pak..maksud saya, saat ini saya lagi memperoleh beasiswa dari funder lain untuk s2 yang kdua kalinya…program itu selesai di awal 2015 pak..
    dan saya berencana tahun 2014 untuk mendaftar di LPDP untuk program S3 (masuk kuliah 2015 pertengahan/akhir)

    apakah bisa seperti itu pak?
    terimakasih
    Salam..:)

  6. Pingback: “Beasiswa LPDP, Beasiswa Calon Pemimpin Bangsa”: Info & Tips seorang Reviewer :) | Pujiati sari's Blog

  7. Assalamu alaykum pak Tony. Senang membaca tulisan ini. Alhamdulillah sy sdg menunggu jadwal wawancara beasiswa LPDP untuk program magister dalam negeri pak. Alhamdulillah, dgn bermodalkan TOEFL Prediction 527 dr salah satu lembaga kursus terkemuka di Makassar, aplikasinya diterima. Mohon doa pak, semoga bisa lulus dalam tahap wawancara ini. Terima kasih

  8. Saya ingin bertanya tentang Surat Pernyataan tidak pernah terlibat dalam tindak pelanggaran kode etik akademik, Surat Pernyataan mengabdi pada kepentingan bangsa Indonesia;
    serta Surat Pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain. Apakah surat2 ini disediakan format tersendiri dari LPDP? atau dibuat sendiri (format bebas) oleh pendaftar? Trima kasih atas Jawabannya

  9. saya sudah di terima sebagai mahasiswa paskasarjana di dalam negeri pak,,tapi belum menerima biasiswa,ap bisa daftar disini pak..

    • jika ketrimanya pada tahun yang sama aplikasi masih bisa diterima mas Suyuti, contoh diterima 2013, diinterview tahun 2013

  10. Assalamualaikum pak, mau tanya..setelah tahap wawancara kan ada tahap berikutnya yaitu pengayaan, apakah para peserta pengayaan itu sudah pasti diterima atau masih dalam proses seleksi? menurut bpk, jika suami saya mengajukan izin tinggal di LN untuk istrinya boleh tidak?jika di izinkan, saya akan menggunakan biaya pribadi dan mungkin ikut suami 4 bulan sebelum kelulusan (karna mau coba kursus bahasa disana) terima kasih :)

    • Nadine, Program Pengayaan WAJIB diikuti semua peserta yg lolos. Jadi intinya yg udah ikut Pengayaan sudah lolos dapat beasiswa, bisa dibatalkan jika tidak ikut pengayaan. Jelas keluarga boleh ikut mbak, tidak ada larangan

    • coba aja Arifa, selama research kamu strategis & sangat dibutuhkan Indonesia, insyaAlloh selalu ada peluang (pengalaman kami sudah ada)

  11. Salam Pak Tony,

    Di beberapa universitas luar negeri ada yang mensyaratkan untuk membayar uang pendaftaran untuk mendapatkan LoA (Letter of Acceptance). Nah, untuk biaya pendaftaran itu sendiri apakah ditanggung oleh LPDP ya pak?

    Terimakasih.

    • tidak donk, Royan. biaya pendaftaran untuk memperoleh LOA urusan applicant, krn jika udah dapat LOA peluangnya sangat besar. Jika mendaftar belum dpt LOA tapi TOEFL > 550 dan lolos seleksi maka semua biaya termasuk pendaftaran ditanggung LPDP

  12. Pak, saya sedang menempuh studi S2 dalam negeri…tapi saya belum mendapat beasiswa. saya masuk tahun 2012. dan sekarang mau masuk semster 3, apakah bisa mendaftar untuk beasiswa LPDP ini pak?

  13. Salam Pak Tony,
    Saya sangat berminat untuk melamar beasiswa LPDP program S3 Luar Negeri. Sayang, IPK S2 saya hanya 2,96 (74 dari skala 100). Saya menyelesaikan S2 di Belanda tahun 2011.
    Seperti pengakuan hampir semua teman yang kuliah di Belanda (atau mungkin di luar negeri), untuk memperoleh IPK 3,25 spt yang disyaratkan oleh LPDP sangatlah sulit, mungkin karena sistem pendidikan, keluarga dan kendala bahasa.
    Terkait dengan kendala ini, apakah ada kebijakan khusus dari LPDP bagi mereka yang tamatan luar negeri, misalnya IPK minimal menjadi 2,9 atau bahkan 2,75?
    Terima kasih

    • wah kalo hal2 khusus seperti ini saya kurang tahu, saran saya saat melamar tuliskan aja catatan sulitnya dapat nilai IPK segitu di negara bersangkutan

  14. Assalamualaikum Pak Tony… Saya salah satu mahasiswa S2 yang pernah bapak ajar. Saat ini saya sudah menyelesaikan semester 2, tapi belum mengajukan proposal thesis. Apakah bisa saya mendaftar beasiswa LPDP ini? (maksud saya seperti on going-nya BPPS)? Dan misal sudah menerima beasiswa LPDP untuk magister, apakah boleh mendaftar lagi untuk beasiswa thesisnya? Terima Kasih

    • kalo sudah semester 2 setahu saya hanya mungkin beasiswa LPDP yang thesis. Jika dapet yg beasiswa Master/Doktor sudah include diberi dana thesis/disertasi

    • yang saya tahu besar living allowance akan bervariasi & dinamis sesuai dengan hasil survey living cost di negara tempat study hasil survey LPDP terakhir & benchmarking dgn beasiswa2 lain

  15. trims pak, insya Allah saya tanggal 2 Juli wawancara LPDP utk magister di Unpad, mhn doa restu. apakah setelah masih ada tahapan yang harus dilewati?

  16. maaf pak,, saya lulusan dari poltekkes yang blum terakreditasi ban pt, namun sudah dapat akreditasi A dari kemenkes dan di legalkan oleh ban pt, apakah masih bisa mendapat beasiswa dari lpdp ? terimaksih

  17. Asl pak, beasiswa untuk postdoc ada enggak ya dan kl tuk postdoc ada batasan usia gak yaaaa?? Mhn konfirmnya lengkap. Thx before

  18. pak toni, saya mau bertanya, saya sudah mendapatkan LoA dr univ. of Edinburgh, UK. tapi masih conditional, kurang di bahasa inggrisnya. saya lihat di aspek pendanaan beasiswa ada aspek pendanaan matrikulasi. apakah itu termasuk pendanaan untuk presessioning course untuk perbaikan kemampuan bhasa inggris, atau tidak? ohya pak, saya berkali-kali berusaha mendaftar online, namun selalu gagal saat pembuatan akun. selalu muncul pesan bahwa email saya sudah terdaftar. tapi saat saya coba untuk login katanya email saya tidka valid. bahakn saya sudah mencoba dengan email2 saya yang lain. tapi selalu seperti itu lagi. mohon dengan sangat jawaban dan respon positifnya

    • jika LOA masih conditional, maka biasanya di wawancara akan menjadi catatan reviewer, jadi lebih baik lagi kalo bisa nunjukkan bukti TOEFL > 550 atau IELTS setara. pendanaan beasiswa tidak mencakup peningkatan bahas setahu saya. Kalo untuk teknis aplikasi online bisa email panitia langsung ya

  19. Assalamualaikum, Pak. Mau nanya, di jurusan yang disediakan tidak spesifik dicantumkan Psikologi. Saya ingin melanjutkan S2 di bidang psikologi, apakah mungkin untuk melamar beasiswa LPDP ini? terima kasih tanggapannya :)

    • tetap coba saja mbak..yang pasti di essay atau di form jelaskan & yakinkan pentingnya studi mbak untuk kepentingan nasional

  20. saya ingin bertanya, saya sudah melakukan pendaftaran online tapi kok tidak bisa login atau daftar akun ya? jawaban nya selalu email sudah digunakan. terimkasih :)

  21. mas/mba, apakah seseorang tetap dapat melamar ke beasiswa lpdp kalau dia sudah di luar negeri (ongoing)? saya akan masuk september, namun dokumen” baru saya submit hari ini, takutnya jadwal pemanggilan dan pengayaan (kalau lulus administrasi, amiin) akan bentrok dengan jadwal perkuliahan.. terima kasih..

  22. Saya mau tanya bapak/ibu, apakah benar untuk persyaratan score TOEFL/IELTS sudah tidak menjadi pertimbangan jika sudah memiliki LoA unconditional, Sebagai share saja kasus saya sudah memiliki Unconditional LoA (Kyoto University japan). tapi saya dinyatakan tidak lulus Interview. saya mendaftar pada gelombang 5. di dalam presentasi sebelum interview dilaksanakan terdapat syarat wajib ITP harus 550 sedang ITP saya hanya 540, tidak menggunakan kalimat ATAU unconditional LoA. kalau memang benar seperti itu kemungkinan besar ITP dan unconditional LoA adalah syarat wajib.Terimakasih

    • Jika sudah ada LOA Unconditional maka syarat score TOEFL/IELTS Tidak Wajib. Yakinkan interviewer bahwa anda sudah diterima saat wawancara dengan menunjukkan kembali LOA unconditional anda. Jika masih gagal berarti kemungkinan ada faktor lain, mungkin sisi penelitian anda atau potensi kepemimpinan anda

  23. Pak, saya pernah ikut wawancara LPDP tapi belum berhasil. apakah saya masih bisa mendaftar kembali pada gelombang atau tahun berikutnya? Mohon saran dan bimbingannya.

    Terimakasih.

    • Bisa Fais, tak terbatas. Gagal, coba lagi+Perbaiki diri..Gagal, coba lagi+Perbaiki diri..dst..usahakan aplikasi berikutnya mampu menutupi kelemahan aplikasi sebelumnya (bukan hanya mengulang2 aplikasi yg sama)

  24. Pak, saya sudah kuliah s2 dalam negeri 1 semester. Akan masuk semester 2 september nanti. Saya belum dapat beasiswa. Pengumuman saya diterima di tempat kuliah sekarang akhir desember 2012. Apakah saya masih bisa apply beaisiswa ini ?mohon pencerahan. Terimakasih.

  25. Aslmkm. Pak,ulasan diatas benar benar membakar semangat saya untuk mengajukan beasiswa ini.saya calon mahasiswa pascasarjana ITB 2013 (pengumuman kelulusan akhir bulan ini) berasal dari kabupaten di provinsi Aceh dan lulus s1 thn 2008 di PTS di bandung. Pak mohon saran dari bapak atas ketidaktahuan saya 1. Sebaiknya saya mengajukan beasiswa setelah pengumuman atau sebelum pak? 2. Jenis beasiswa mana yg sebaiknya saya pilih pak? Beasiswa magister atau Beasiswa afirmasi? terimakasih pak sebelumnya..

    • Dedek, sesudah pengumuman (DITERIMA) memiliki peluang Lebih Besar. Beasiswa Afirmasi insyaALloh peluangnya lebih besar, hanya setahu saya pembukaan program beasiswa ini rencana baru akan dieksekusi akhir tahun ini. Atau bisa coba dua2nya, misal beasiswa Magister dulu jika belum berhasil ikhtiar apply lagi beasiswa afirmasi

  26. Assalamualaukum pak.
    Saya mahasiswa S1 di salah satu PTN, dan sekarang masih dalam proses penyelesaian skripsi. Menurut bapak, apakah saya bisa mulai membuat account LPDP dan mulai melakukan pendafataran sekarang, atau menunggu studi S1 saya selesai? Kedua, tanggal berapa sajakah pembukaan aplikasi beasiswa LPDP ini?

    Terimakasih. :)

  27. istimewa mas ton.
    btw perlu ada tambahan di gambar flowchartnya, yaitu tahap Pengayaan, tampaknya belum ada di gbr tsb deh.
    thanks

    • ini gambar cuman proses seleksi kang. Benernya proses pengayaan udah ‘pasti’ ketrima, cuman harus diikuti semua penerima beasiswa, persis kaya’ di ALA

  28. Permkisi admin, saya ingin bertannya beberapa hal
    mengenai beasiswa LPDP:

    1. Apakah mahasiswa yang telah diterima menjadi penerima beasiswa dapat melakukan seleksi di beberapa universitas apabila seleksi di kampus yang menjadi tujuan pertama gagal?

    2. Apakah syarat pernah menjadi ketua organisasi adalah syarat yang mutlak, atau calon pelamar diizinkan untuk bercerita tentang pengalaman kepemimpinan yang lain di luar bentuk ketua organisasi?

  29. Dear Admin,

    Menurut saya, untuk kuota pasti akan selalu ada. Sebagai contoh, dari proses interview teleconference yg di luar negeri, hanya sedikit yang bisa lolos (meski relatif, para calon tsb sudah bekerja/mengajar lama di LN).

    Saya yakin, kalau kuota sangatlah diperhitungkan, krn menyangkut biaya dana yang sudah disiapkan oleh LPDP. Disamping ada faktor X, yg dapat mempengaruhi lolosnya calon pd proses tsb.

    Lalu, yang saya lihat, beasiswa ini juga belum menganut sistem geopolitik, sehingga calon” penerima beasiswa masih berasal dari negara” tertentu saja (Inggris, Jepang, Belanda, Jepang, Australia). Saya kira akan lebih baik bila mengandung faktor geopolitik untuk memperbesar juga jaringan ke negara-negara lainnya. Bagaimana pendapat anda?

    Apakah calon yang gagal masih dapat melamar kembali ke beasiswa LPDP, misal pd gelombang lain?

    Terimakasih sebelumnya.

    Best regards,
    Arya

    • Arya, sejauh yg saya tahu sbg Reviewer hingga saat ini tidak ada kuota, selama applicant dinilai layak maka diberikan beasiswa.
      hingga saat ini applicant yg gagal masih boleh mencoba lagi dan lagi tak terbatas

      • Terimakasih atas respon cepatnya.

        Saya sendiri sudah meng-apply beasiswa LPDP kembali dengan menggunakan email baru, lalu sembari menunggu saya jg mencari peluang beasiswa lainnya di LN utk jaga”.

        Semoga kali ini sukses.. Amin :)

        • Mas Arya,,kalau boleh tahu bagaimana jadinya?apakah berhasil masuk sampai tahap wawancara lagi? terima kasih,saya sangat berharap balasan dan informasinya.sekali lagi terima kasih banyak

        • mas arya, mohon info bagaimana caranya untuk daftar kembali ke lpdp kalau sudah pernah gagal di seleksi administrasi. sya kemarin tidak lolos karena univ tidak termasuk dalam list lpdp. sudah coba apply lg dengan email yg berbeda kok tidak bisa ya? mohon infonya.trimakasih

  30. Pak, alhamdulillah saya sudah diterima di ITB mulai kuliah 26 Agustus 2013. saya coba mendaftar ke LPDP.Tapi prodi yang saya pilih tidak tersedia dalam pilihan yakni (studi pembangunan di Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB. Jadi kira2 saya punya kesempatan ga pak? jika ada,jurusan apa yg saya pilih di lpdp? apakah yg mendekati seperti arsitektur atau perencanaan wilayah kota, keduanya termasuk jurusan yang berada dbwh SAPPK juga tapi studi pembangunan ga tercantum dsn :( . Mohon sgt pencerahan nya pak..

  31. Salam pak. Kalau sudah punya LoA dlm negeri, apakah masih diwajibkan mengirim toefl? 2. Kalau semisal kita mendaftar di itb, apakah nilai tes yg diselenggarakan itb bisa diterima (krn memang bisa dikonversi ke TOEFL)? Terimakasih sebelumnya.

  32. Dear Admin,

    Saya ingin tanya:
    1. Bagaimana proses interview untuk kandidat yang saat ini berada di luar negri?

    2. Apakah beasiswa LPDP juga terbuka untuk program MBA di luar negri?

    • Dear Giri,

      Berdasar pengalaman saya, bagi yang di Luar Negeri bisa melakukan interview via teleconference. Pilihan tsb bisa dipilih saat mengisi universitas tujuan pada akun.

      Kalo untuk MBA, tentu bisa, coba kamu cek di pilihan saat mendaftar. Lalu, bila tidak ada kamu tetap bisa isi dengan pilihan jurusan lain.

      Semoga membantu.

  33. pak..sy sudah diterima s2 di itb,,,tp ipk sy hanya 2.97 saat s1,,tp saya aktif berorganisasi,,apakah kemungkinan lolos nya besar ? terima kasih :)

  34. Pingback: Interview Beasiswa LPDP | :: a Glympse of Life ::

  35. Info yang sangat menarik :)

    Saya tadi mencoba daftar dan ingin bertanya mengenai kolom “universitas asal” pada form pendaftaran beasiswa tesis (profil)

    Itu maksudnya universitas S1-nya? atau universitas yang sedang kita ambil untuk menyelesaikan tesis ini (S2)

    Soalnya di form profil ada keterangan “Perguruan Tinggi Berdasarkan Ijazah Terakhir” yang berarti S1nya, yang nantinya akan muncul juga di status pendaftaran beasiswa. Lalu prodi, ini prodi yang dimaksud prodi S1 atau S2?

    Jika memang yang dibutuhkan adalah Perguruan Tinggi S1-nya, berarti apakah tidak diinformasikan mengenai perguruan tinggi dimana kita sedang tesis sekarang?

    Mohon petunjuk rekan sekalian, terima kasih :)

  36. Dead Admin,

    Untuk aplikasi beasiswa program doktorat, diwajibkan untuk membuat proposal penelitian. Mengingat pelamar beasiswa belum tentu memiliki LoA dari universitas tujuan, apakah proposal penelitian doktorat harus berupa proposal yang telah disetujui oleh pembimbing di universitas tujuan, atau bisa berupa rencana penelitian pribadi ?
    Jika universitas tujuan adalah LN, bolehkan proposal ini dibuat dalam bahasa inggris untuk mempermudah review oleh profesor di universitas tujuan ?

    Terimakasih banyak atas responnya.

  37. Maaf, sy mau tanya mas :)

    Sy sudah dapet LOA dari Profesor di Keio University, Jepan. tapi toefl ITP sy belum sampe 550, dg LOA tersebut boleh daftar beasiswa LPDP ndak? trims :)

  38. Pak tony, sekarang saya sedang mendaftar pascasarjana di universitas dalam negeri.. sudah dilaksanakan tes tulis dan insyalah diumumkan akhir bulan ini.. menurut bapak, apakah saya mendaftar beasiswa ini sebelum oeumuman penerimaan mahasiswa, atau sebaiknya saya menungu pengumuman akhir bulan ini untuk mengejar beasiswa pendidikan Magister/Doktoral tahun 2013?
    terimakasih

  39. Assalamualaikum.. pak tony, saya sekarang masih dalam proses menunggu penumuman penerimaan mahasiswa baru pascasarjana di Universitas dalam negeri. Sudah dilaksanakan tes tulis, dan insyallah pengumuman penerimaan mahasiswa baru menurut jadwal panitia akan diumumkan akhir bulannini. Menurut bapak apakah saya lebih baik menunggu pengumuman penerimaan mahasiswa baru tersebut, atau saya bisa langsung mendaftar beasiswa ini untuk pendaftaran beasiswa pendidikan Magister/Doktoral tahun 2013. Terimakasih

  40. Pagi Pak, Pak saya sarjana psikologi, mau mencoba melamar untuk beasiswa profesi/magister psikologi. Saya sudah buat akun tapi saat melakukan pendaftaran, di bidang sains atau sosial keagamaan tidak ada psikologi :(

    Kira-kira ada peluang tidak ya pak untuk bisa daftar? :(
    Terima kasih banyak Pak.

  41. Assalamualaikum pak tony, untuk mendapatkan letter of acceptance pascasarjana dari perguruan tinggi negri dlm negri bagaimana ya?karena TOEFL ITP msh blm mencukupi (477).trimakasih

  42. assalamualaikum wr wb
    saya mau menanyakan apakah ada program beasiswa untuk melanjutkan sekolah kedokteran spesialis baik dalam ataupun luar negeri?? jika memang memungkinkan apakah ada persyaratan khususnya?? atau jika memang tidak ada, mungkin admin punya referensi kemana bisa mencari beasiswa pendidikan spesialis. terima kasih

  43. assalamulkm…pak…kebetulan Universitas Negeri Jakarta membuka jurusan S3 Pendidikan Dasar agustus ini dengan adanya rekomendasi dari DIKTI karena jurusan tersebut di anggap strategis di Indonesia… saya ingin kuliah dijurusan tersebut dan tinggal mendaftar ulang saja (tidak perlu tes lagi) krena bagi yang S2 cumlaude dipersilahkan mendaftar ulang saja. saya ingin bertanya karena program studi tersebut masih baru, apakah masuk dalam daftar yang bisa menerima beasiswa LPDP ini? mhon konfirmasinya….trimaksih

  44. Dear Pak Tony,

    Saya lulusan DIV dengan IPK hanya 2.98 (1st semester saja yang 2 koma sekian, sedangkan next semester dan seterusnya diatas 3). Apakah bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa LPDP ? Terima kasih

  45. Saya mau bertanya,
    1. apakah boleh mendaftar LPDP ke universitas dalam dan luar negeri?
    2. Kalau list perguruan tinggi yang masuk kategori LPDP bisa dilihat dimana yha?
    3. Apakah benar jika sudah mendapat LOA dari universitas tujuan, nilai TOEFL sudah tidak dipertimbangkan lagi?

    terimakasih

  46. salut untuk pak tony, semua pertanyaan dijawab dengan lengkap. terima kasih atas infonya pak.

    yang mau saya tanyakan adalah, saya telah diterima di magister manajemen perguruan tinggi negeri bulan ini. apakah saya bisa daftar beasiswa lpdp? dan apabila masih bisa sebaiknya saya mulai apply kapan dan bulan berapa. terima kasih pak

    regards, Rangga Banawa

  47. assamkm wr wb
    pak,.. apakah dana lpdp itu murni bantuan untuk pendidikan..atau itu bantuan bersyarat..artinya ada kewajiban mengabdi di instantsi pemerintah tertentu ..atau gimana?? kan ada penandangatanan surat penryataan itu?

  48. saya sudah dapay LoA dari National Dong Hwa University di Taiwan tapi ternyata di LPDP hanya 5 universitas yang masuk dalam list…untuk DIKTI kemdikbud universitas tersebut masuk dalam list DIKTI….jika tidak ada di LPDP berarti ngg bisa daftar ya….?thanks

  49. Ass..
    PAk saya mau tanya masalah TOEFL, sampai saat ini TOEFL saya masih mentok kurang dari 500 tapi saya sudah dinyatakan diterima di Univ Dalam Negeri… Apakah saya bisa daftar LPDP?selanjutnya saya banyak sekali referensi organisasi dan aktif dalam penelitian banyak mempunyai paper, jurnal dan penelitian lain… mohon sarannya pak…

  50. Pak toni, perkenalkan saya wawan. kemarin 1 juli saya apply beasiswa magister Luar Negeri. sy sudah punya LOA, TOEFL ITP 483, IPK 3.16, syarat2 yang lain sudah terpenuhi tapi kok tidak lolos administrasi ya pak? padahal kalo kata bapak TOEFL ini tidak lagi menjadi pertimbangan apabila pelamar telah dapat menunjukkan Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/Offer) dari universitas tujuan. Terimakasih pak

  51. Pak toni perkenalkan saya wawan, 1 juli kemarin saya apply beasiswa LPDP magister Luar Negeri dengan Univ Tujuan NCTU taiwan. LOA sudah ada (unconditional), IPK 3.16, TOEFL ITP 483, syarat yang lain jg sudah saya penuhi tapi kok belum lolos administrasi ya. padahal kalo kata bapak TOEFL ini tidak lagi menjadi pertimbangan apabila pelamar telah dapat menunjukkan Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/Offer) dari universitas tujuan.

    • ada beberapa kemungkinan belum berhasil dalam administrasi, bisajadi dalam kasus mas bukan karena faktor TOEFL, karena saat Review Administrasi dinilai aspek2 seperti program study/universitas tujuan study, record kepemimpinan/organisasi applicant, urgency rencana study, dll

      • saya sudah telpon pihak lpdp pak, lpdp bilang nilai TOEFLnya dipertimbangkan meskipun sudah ada LOA. karena nilai TOEFL saya 483 jadi belum lolos dan diminta memperbaiki. Trus saya tanya yang TOEFL dan/atau LOA, katanya itu artinya TOEFL dan LOA tetap dipertimbangkan. yang benar gimana pak? mohon pencerahannya…terimakasih

  52. assamkm wr wb
    pak tony,.. apakah dana lpdp itu murni bantuan untuk pendidikan..atau itu bantuan bersyarat..artinya ada kewajiban mengabdi di instantsi pemerintah tertentu ..atau gimana?? kan ada penandangatanan surat penryataan itu?

  53. assalamualaikum wr wb

    pak, sy ingin btanya…
    apa dr lpdp sndiri melist 300 universitas tbaik d dunia? (krn mlihat lembaga yg mnetapkn rangking tsb bbeda2 dlm mnilai rangking universitas tsb)

    pak, klu seandainy tdk dterima d univ luar negri yg dtuju, apa beasswa in masih blaku pd univ lain tp dlm wkt sampai 1,5 th berikutny?

    pak, apakh beasiswa ini jg mmbiayai program English Language Bridging Program (ELBP) yg tdapat d monash university sblm bs dterima d monash university?

  54. Tks infonya pak.
    Sy udah dpt LoA conditional dr kyushu univ buat s3. Sy tinggal wawancara ttg topik riset kl dpt beasiswa dr pemerintah. Dr univ nya tdk mensyaratkan toefl/ielts menjadi syarat wajib. Apa sy harus tetap mencari toefl IBT untuk mendaftar beasiswa ini?
    Tks atas jawabannya pak

  55. assalamualaikum
    pak toni, yang dimaksud LoA (Letter of Acceptance) itu cara dapatnya dari mana? karena TOEFL saya cuma 450 dan itu yang membuat saya gagal diseleksi LPDP tahap awal yg lalu. Apakah itu bisa ditolong dengan LoA itu?

  56. Dengan hormat, saya seorang guru PNS Bahasa Inggris SMA di Kabupaten Ngawi. Saat ini saya sedang mengikuti Program Teacher Training oleh Pemerintah Jepang di Hokkaido selama 1,5 tahun dan selesai Maret 2014. Membaca berita2 tentang LPDP membuat saya ingin lanjut ke S2 melalui program Beasiswa LPDP, walaupun banyak teman bilang peluang guru daerah agak kecil. Pertanyaan saya: *Saya baca di situs KemenPAN bahwa ada kewajiban membayar masa tugas belajar dengan rumus 2n (atau 2n+1?). Apakah pendaftaran saya akhir tahun depan akan tertolak oleh sistem di LPDP mengingat saya belum genap bekerja selama 2n? Di sisi lain terjadi overload guru di kabupaten kami. Jadi, saya ingin mencoba mendaftar Beasiswa LPDP dengan asumsi ke-off-an saya justru akan mempermudah pihak sekolah/pemda untuk menata komposisi pengajar. Usia saya 31 tahun pada November tahun ini. Padahal usia maksimal pendaftaran Beasiswa LPDP program S2 adalah 35 tahun. Jika memakai rumus 2n+1, jelas sekali saya tidak bisa mencoba mendaftar Beasiswa LPDP. Terima kasih atas perhatiannya.

  57. Nambah note: Untuk rekan2 yang kebetulan PNS (non-dosen) dan sudah pernah mendapatkan tugas belajar, mohon di-share tentang kewajiban bekerja kembali setelah tugas belajar selesai. Terima kasih sebelumnya.

  58. nice share Pak :)
    Saya baru saja diterima di ITB jadi sudah dpt LoA dari ITB. Pada waktu saya apply di ITB nilai toefl saya 483. Apakah dengan sudah mendapatkan LoA tersebut nilai toefl saya bisa diabaikan dan bisa masuk dalam peryaratan administrasi? Apakah saya masih bisa mengejar untuk mendapatkan beasiswa lpdp ini?
    Terima kasih Pak

  59. kenapa saya selalu tidak bisa mendaftar online y? alasannya selalu karena ktp/nama/email sudah digunakan.. membingungkan sekali kalau daftar pertama saja sudah bermasalah

  60. Pak, kalau boleh tanya, salah satu persyaratan khusus beasiswa doktor adalah sudah menyelesaikan master. Namun beberapa teman mendapat beasiswa doktor lpdp tanpa melalui jenjang master. Saya melihat memang mereka memiliki program undergraduate yang lama kuliahnya seperti pendidikan dokter (sekitar 6 tahun dengan koassnya). Bisa kah diperjelas tentang peraturan ini pak? Adakah kasus-kasus tertentu yang memang tidak perlu master, misalnya apa harus lulusan kedokteran atau bagaimana pak?

  61. Selamat malam pak,

    saya ingin tanya apabila surat keterangan lulus kuliah atau ijazah belum dikeluarkan oleh pihak universitas, apakah dapat digantikan dengan surat pengantar keterangan kelulusan program sarjana?

    Terima kasih

  62. salam,
    pak, apakah ketika ingin mendaftar beasiswa master luar negeri, harus mendapatkan LoA dari kampus bersangkutan terlebih dahulu?artinya, apakah kita harus daftar dan diterima dulu di kampus luar negeri baru kemudian mendaftar beasiswa LPDP?
    terus, jika aplikasi beasiswa LPDP kita tidak diterima pada tahun 2013, apakah masih boleh kembali daftar pada tahun2 berikutnya?
    mohon pencerahannya.
    terimakasih

  63. salam hormat,

    mohon penjelasan, saya dosen tetap di salah satu universitas swasta. apakah boleh mengajukan beasiswa di LPDP untuk studi lanjutnya? ataukah hanya diperioritaskan bagi yang bukan Dosen, mengingat DIKTI juga sudh menyediakan beasiswa (yg reguler).
    trims atas penjelasannya.

    • (*mulai akhir tahun 2013, Pelamar dengan status “Dosen Tetap” PTN/PTS dan telah memiliki NIDN disarankan melamar Beasiswa DIKTI, Bukan LPDP. Pelamar dengan status tersebut apabila lolos seleksi LPDP hanya akan direkomendasikan namanya ke DIKTI tetapi pihak LPDP tidak memiliki wewenang memberikan beasiswa).

  64. Pagi pak, terima kasih atas infonya, saya sudah pernah mendaftar di LPDP pada gelombang pertama. Namun datanya belum lengkap saya upload, apakah perlu mendaftar ulang atau sudah masuk database. Satu hal lagi, apakah saya bisa melampirkan nilai tes IELTS saya tahun 2009 sementara saya mempersiapkan IELTS saya yang baru?
    mohon pencerahannya
    terima kasih

  65. Pak Toni, apakah Surat Pernyataan Tidak sedang dan tidak akan menerima bantuan beasiswa Magister dari sumber lain baik dalam negeri maupun luar negeri; Berkelakuan baik dan tidak pernah melakukan tindak pidana; Sanggup mengabdi untuk kepentingan bangsa dan negara setelah menyelesaikan studi; Sanggup menyelesaikan studi Magister sesuai dengan waktu yang tentukan, formatnya telah disediakan oleh LPDP? karena saya coba cari di websitenya tapi tidak ketemu. mohon infonya. terima kasih

  66. salam kenal bapak
    saya mahasiswi tamatan s1 ners jurusan keperawatan unpad. apakah saya bisa mengajukan beasiswa s2 buat s2 dalam negeri atau luar negeri dan khusus keperawatan buat beasiswa luarnegeri apakah ada persyaratan khusus pak? terima kasih

  67. Selamat siang..
    Saya mau tanya, ketentuan untuk tofel itu sudah baku 500 apa tergantung perguruan tingggi yang kita tujuk baik itu dalam negri maupun diluar negri.

    Trima kasih.

  68. Bagaimana cara lpdp menentukan living allowance di suatu negara? Klo kuliah master di Belanda, berapa uang allowance yang kita dapatkan? Penting bagi saya karena beda kota ternyata beda biaya hidupnya.
    Terimakasih

  69. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Bagaimana cara mendapatkan LOA dari Univ Maroko pak?

  70. Assalamualaikum Pak, Review yang menarik :)

    Anyway saya mau tanya beberapa hal, kebetulan saya kini tengah bekerja di bid Com Dev di Indonesia Timur, namun dua bulan lagi masa kontrak saya berakhir, Nah, jika misal saya dipanggil wawancara ketika masih di masa kontrak bolehkah saya meminta pergantian tempat wawancara yang lebih dekat, agar lebih mudah dan terjangkau?

    Yang ke dua, Saya ketika s1 dulu Mengambil Pendidikan Bahasa Inggris, tapi passion saya sangat besar di Bid Com Dev Pak. Terlebih sejak bekerja dua tahun ini di Ind Timur. Apakah mungkin untuk saya berganti haluan di jalur magister ini ya?

    Terima kasih sebelumnya ya Pak

    Regards

    Salimatus Shadri

    • meminta tempat wawancara dimungkinkan selama ada jadwal wawancara terdekat di lokasi yang diinginkan, resikonya waktu wawancara mundur lama.
      Boleh saja gantu bidang S2 selama ada justifikasi kuat

  71. Saya lulus S1 setahun yang lalu, masih bekerja sekarang, saya sudah menikah (pasangan muda pak). Tapi sama2 ingin melanjutkan studi, kita ingin berjuang bersama karena tidak ada biaya. Apakah boleh yang sudah menikah ikut beasiswa ini pak? Mohon informasinya ya pak..terimakasih,,,

  72. Assalamualaikum..
    Saya dosen di PTN di Jawa Tengah, sangat berminat untuk mendaftar LPDP. Tapi saya mendapat informasi dari teman dosen bahwa LPDP saat ini tidak lagi menerima pelamar dari dosen/PNS yang punya NIDN. Benarkah demikian? soalnya di website tidak ada ketentuan tersebut. Kalaupun benar apa alasannya? sekedar cross check pak..
    terimakasih…

    • sayang sekali mulai akhir tahun 2013, Pelamar dengan status “Dosen Tetap” PTN/PTS dan telah memiliki NIDN disarankan melamar Beasiswa DIKTI, Bukan LPDP. Pelamar dengan status tersebut apabila lolos seleksi LPDP hanya akan direkomendasikan namanya ke DIKTI tetapi pihak LPDP tidak memiliki wewenang memberikan beasiswa

    • kalo bahasa pengantar English ya TOEFL atau IELTS ..kalo bahasa pengantar lain ya bukti bahasa tersebut. Lebih dr itu jika udah dapat Letter of Acceptance dr universitas yg bersangkutan udah bisa jadi pengganti TOEFL/ijasah bahasa

  73. Pak, mohon pencerahannya. Saat ini saya adalah pegawai kontrakan di salah satu badan PBB di Indonesia (mungkin 90% dari pegawai di kantor kami adalah pegawai kontrakan). Saya sudah mendapatkan LoA dari Kyoto University untuk melanjutkan doktoran di Jepang. Saya bermaksud untuk mengajukan permohonan beasiswa LPDP namun karena saya pegawai kontrakan saya tidak bisa mendapatkan surat tugas belajar. Apakah saya harus berhenti bekerja demi syarat administrasi ini, Pak? Mohon pencerahannya.

    Salam,
    Helena

    • menurut pendapat saya pribadi surat tugas belajar bisa dari mana saja :) memang susah minta surat tugas belajar jika pegawai kontrak dan harus siap resiko berhenti bekerja jika diterima (jadi berhentinya jika udah pasti diterima beasiswa aja mbak :)

  74. Pak, apakah beasiswa ini memiliki ikatan dinas setelah selesai menempuh pendidikan di Luar negeri harus langsung kembali ke Indonesia? Terima kasih.

  75. Asslm. Pak tony sy mau tanya,apa sy bs dafarr lpdp mengingat sy dosen tetap di PTAI di bawah naungan diktis, yg sy baca klo dosen ttp disarankan untk tdk dftr lpdp,sedangkan sy tdkbs mengapply beasiswa dikti,krn uni sy dlm naungan departemn agama (diktis)mhn infox,mksh byk.

    • mbak Ima, menurut pendapat saya Dosen dibawah Departemen Agama memiliki keleluasaan utk mendaftar LPDP krn tidak memiliki NIDN dari DIKTI kan. Jadi apply saja

  76. Mksh jwbn pak tony. To sebenarnyasy sdh punya NIDN,tp krn sy dosen pns di uin akauddin yg di naungi oleh depag sehingga sy tdk di perbolehkan mendaftar dikti,jd sy dilematis pak sy nga bs ke lpdp n jg tdkbs kedikti, mhn pencerahanx.

  77. Mau tanya pak, apakah lpdp juga memberi beasiswa s2 untuk jurusan pendidikan bahasa inggris? kalau ya kira2 masuk progarm studi sasaran beasiswa yg mana ya? Trims infonya pak

  78. Mksh jwbn pak tony. sebenarnyasy sdh punya NIDN,tp krn sy dosen pns di uin alauddin yg di naungi oleh depag sehingga sy tdk di perbolehkan mendaftar dikti,jd sy dilematis pak sy nga bs ke lpdp n jg tdkbs kedikti, mhn skl pencerahanx. Mksh byk pak

    REPLY

  79. Assalamualaikum pak tony, mau tanya beasiswa lpdp s2 untuk pendidikan bahasa inggris ada nggak ya? kalau ada masuk program studi sasaran beasiswa lpdp yang mana ya? trims sebelumnya

  80. Pendaftaran dibuka sepanjang tahun tapi apakah seleksi-nya dinilai case-by-case atau ditunggu tanggal seleksi selanjutnya?Jadi maksudnya, kalau daftar sekarang apakah musti nunggu sampai Seleksi Maret nanti atau akan langsung dinilai setelah mengunduh berkas?

  81. Ketika kami bersuara ke pemerintah daerah tak di gubris, walau dana puluhan Trilyun untuk mempercepat inprakstruktur, SDM, Dan kesejakteraan rakyat Di Papua.Toh kami masih tetap terbelakan dan tertinggal jauh. Dana otsus yg mengalir tak tepat sasaran dan lebih di kantongi oleh para Elit. Saya seorang anak bangsa, putri papua yg mengambil S2 kenotariatan di UNS Solo. Memulai dng biaya sendiri, semester satu sudah lunas , entah semester dua harus bayar pakai apa? tetapi aku selalu optimis dlm langkah Tuhan Pasti buka Jalan bagi orang2 yg mau berusaha. Dataku Sudah masuk Di LPDP sejak seleksi pertama aku gagal. Katanya sedang dialihkan ke Beasiswa Afermasi. Tunggu dengan harap cemas semoga dikabulkan. Aku terlanjur kecewa dng pemerintahan di daerahku, krn SDM tidak di perhatikan dng benar. kumohon ibu Pertiwi jangan kecewakan aku. Setiap manusia berhak untuk mendapat pendidikan walaupun dia bodoh ,berilah ruang dan kesempatan untuk ddia mengembangkan diri menjadi pintar dan bisa. kalung yg indah terlihat bukan langsung menjadi indah tetapi melalui proses sehingga ia menjadi perhiasan yg indah. oyah aku meengambil jurusan Kenotariatan karea Putra asli Papua baru 2atau 3 oarang yg jd notaris, semua yg berpratek di Papua adalah orang luar. tetapi kita adalah satu Negara Indonesia. .salam dan sukses. Smg SDM daerah tertinggal dapat terangkat dng program LPDP.

  82. Terima kasih banyak untuk reviewnya yang sangat menarik Pak. :)

    Saya mau bertanya Pak. Saya rencana selesai skripsi (pendadaran/ujian) pada bulan April 2014, dan rencana wisuda pada Mei 2013. Lalu saya asumsikan penerimaan aplikasi beasiswa LPDP tahun depan ditutup pada Mei 2013 (sama seperti tahun 2013).
    Apakah dengan keadaan tersebut (status kelulusan sudah dipenuhi, tinggal menunggu waktu wisuda universitas) sudah bisa mendaftar beasiswa LPDP? Mohon pencerahannya Pak, terima kasih sebelumnya. :)

  83. Terima kasih banyak untuk reviewnya yang sangat menarik Pak. :)

    Saya mau bertanya Pak. Saya rencana selesai skripsi (pendadaran/ujian) pada bulan April 2014, dan rencana wisuda pada Mei 2014. Lalu saya asumsikan penerimaan aplikasi beasiswa LPDP tahun depan ditutup pada Mei 2014 (sama seperti tahun 2013).
    Apakah dengan keadaan tersebut (status kelulusan sudah dipenuhi, tinggal menunggu waktu wisuda universitas) sudah bisa mendaftar beasiswa LPDP? Mohon pencerahannya Pak, terima kasih sebelumnya. :)

    (maaf Pak double post, sebelumnya saya salah mencantumkan tahunnya.)

  84. mhon maaf, sekadar permohonan informasi dan konfirmasi,……………..(1) kiranya beasiswa ini berlangsung selama studi perjanjiaan hitam diatas putih ataukah fleksible……………? saya memang tidak memiliki prestasi yang prestisius, cummload, dsb….namun saya berangkat dengan tekad bahwa saya perlu belajar untuk mendukung orang-orang disekitar saya yang memerlukan bantuan, dan hasrat saya akan sains…..(2) apakah beasiswa ini ditujukan hanya untuk anak bangsa yang berprestasi saja? (karena sepanjang karir perkuliahan saya belum pernah sekalipun pernah memenangkan medali untuk almamater) (3) seleksi beasiswa ini dilakukan di kantor pusat atau di daerah?….(4) jika dalam masa studi (setelah beasiswa diterima) terjadi kegagalan yang berulang, apakah aliran beasiswa bisa terputus? (5) …………………………

  85. Pak kalo misalnya september lalu nga lolos katanya nga boleh 1 tahun daftar….maksudnya apa ya pak ? apakah saya baru bisa daftar tahun depan dibulan september 2014 atau januari 2014 saya bisa daftar lagi

  86. Pak Toni, bisa diceritakan bagaimana penilaian terhadap para aplikan? Saya kebetulan dinyatakan tidak lulus pada tahap administrasi per pengumuman 29 Oktober dan berencana untuk melamar lagi. Saya sudah memiliki LoA, skor IELTS, dan seluruh persyaratan teknis lainnya. Mungkin dari penilaian saya pribadi, saya kalah dalam hal prestasi dan pengalaman organisasi. Saya akui bahwa saya adalah mahasiswa yang kurang aktif pada saat masa perkuliahan, walaupun nilai akademik tidak mengecewakan. Apakah saya masih memiliki peluang untuk beasiswa LPDP? Mohon saran dan pencerahannya, atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

  87. Salam kenal pak. Saya fadhilah. Saya mw nanya pak, kalo ikut wawancara lpdp melallui telekomference, apa harus menyertakan dokumen asli jg? Karna saya skrg sudah di luar negeri ikut suami dan kebetulan ketika melamar lpdp dulu msh di indo. Jd berkas asli saya sebahagian tinggal di indonesia pak. Terima kasih

  88. assalamualaikum wr wb

    pak, sy ingin btanya…
    apa dr lpdp sndiri melist 300 universitas tbaik d dunia? (krn mlihat lembaga yg mnetapkn rangking tsb bbeda2 dlm mnilai rangking universitas tsb)

    pak, klu seandainy tdk dterima d univsts luar negri yg dtuju, apa beasswa in masih blaku pd univ lain tp dlm wkt sampai 1 th berikutny?

    pak, apakh beasiswa ini jg mmbiayai program English Language Bridging Program (ELBP) yg tdapat d monash university sblm bs dterima d monash university?

  89. Thanks for sharing, Pak!

    Saya mau bertanya, salah satu persyaratan LPDP adalah surat ijin atasan bagi yang sedang bekerja. Jika kita mencantumkan surat keterangan (reference letter) dari kantor yang menyatakan bahwa kita memang bekerja di situ dan surat ini digunakan sebagai keperluan pendaftaran S2, apakah boleh?
    Apakah saya boleh mencantumkan skor IELTS sebagai pengganti skor TOEFL?
    Terima kasih.

  90. trimakasih bwt informasinya pak tony.
    sy lulusan s1 ilmu komunikasi.dan jurusan tsb tdk ada dalam list prodi LPDP utk magister (mgkn krn tdk prioritas) jd apa yg hrs sy lakukan ya pak?? sdgkn sy ingin kuliah linear dg jurusan s1 sy sebelumnya.

  91. aku ingin tanya apa bisa selesai S1 sastra ingggris, boleh lagi ambil kuliah s1 kedokteran dan spesialis penyakit kulit di luar negeri

  92. saya sudah diterima untuk kuliah S2 di Jepang, sebelum berangkat ke Jepang saya ingin melamar LPDP namun karena waktunya mendesak untuk segera berangkat maka tidak jadi.. apakah saya masih bisa melamar? bagaimana dengan wawancaranya? (saya tidak bisa pulang ke Indonesia untuk wawancara) terimakasih

  93. Mohon informasi pak.. Untuk penerima Beasiswa Unggulan DIKTI apakah masih mungkin bisa mengajukan beasiswa bantuan thesis LPDP? Mengingat penelitian saya membutuhkan biaya besar dan alokasi biaya yang dianggarkan BU DIKTI masih kurang untuk mencukupi keseluruhan biaya penelitian saya. Terima kasih.

  94. salam pak Toni.. saya Agus Fuqohak dari STAIN Kudus Jawa Tengah dengan IPK 3,95 peraih mahasiswa terbaik 2013… saya berminat melanjutkan s2 ke Timur Tengah.. pertanyaan saya:
    (1) kenapa di LPDP tidak tercantum STAIN Kudus sebagai sekolah asal?
    (2) kalau di Arab Saudi berarti saya membutuhkan sertifikat apa pak? apakah tetap TOEFL?
    (3) bagaimana cara membuat proposal sks ke depan? mengingat web ummul quro tdk menyantumkan..

    Nb. saya adalah sarjana Ushuluddin dan pengasuh pesantren salaf pak.. apakah LPDP juga membidik bidang ilmu tafsir yang terkait

  95. Pak Toni,tahun depan 2014 saya baru lulus s2 Ilmu Gizi dari UNS,umur saya tahun depan sudah 39 (4 Mei 1975),apakah saya masih punya peluang mendapat beasiswa? bagaimana ya solusinya untuk umur yang mepet seperti saya ini? IP saya alhamdulilah baik,bahkan semester 2 kemarin mencapai 4.Lalu sebaiknya saya kuliah ke luar negeri atau ke dalam negeri saja ya? terimaksih,mohon maaf banyak pertanyaan,,,oh ya saya tinggal di kabupaten gunungkidul,DIY

  96. Bos-bos, kakak kakak, om om tante tante,,
    Mohon minta list Univ/Fakultas di LN or DN donk,, mungkin saya akan mencoba apply this year, Saya dari tenaga kesehatan, tapi apakah mungkin ikut beasiswa ini? secara terlihat tidak ada termasuk kepada bidang ilmu kesehatan

    terimakasih banyak,, salam sehat selalu

  97. Mohon bantuannya pak.. Gimana kalo dosen yang sudah memiliki NIDN tetapi akan melanjutkan ke universitas yang tidak mendapatkan dana beasiswa Dikti. Karena Dikti hanya memberikan untuk universitas-universitas tertentu saja. Saya rencana mau melanjutkan ke UIN Syarifhidayatullah..
    terima kasih pak

  98. Saya lulusan S1 double degree mechanical engineering di salah satu universitas swasta di Malaysia dan UK. Bgmn cara mengetahui bhwa uni saya terakreditasi menurut Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau terdaftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi? Terima kasih

  99. websitenya menarik sekali, informatif. tapi saya ingin mengajukan pertanyaan mendasar: menurut bapak mending saya daftar ke lpdp kalo udah pasti diterima di university yang saya tuju(sampai dapet LOA) atau bisa sambil proses pengajuan aplikasi saya di university yang say tuju?
    terima kasih

  100. Asslmkm.trimksh banyk pak atas infonya.
    Skrg sy mau mencoba daftar beasiswa s2 dalam negeri.
    sy mau tanya, persyaratannya tetap harus ada sertifikat toefl y??
    trimkash banya pak.
    Mohon doanya smg sy bisa mendptkn beasiswa itu.aamiin….

  101. Asslmkm..patony…nm sy abdul majid sy seorang GURDACIL guru daerh terpncil,bln lalu sy bru dwsuda n lulus dg prdkt cumlaude(3.72) sy sngt ingin mlnjutkn study sy k s3 prgrmagstr man.pendidkn apa dLpdp bs pa?

  102. Assalamu Alaikum WrWb

    Pak, saya sedang menunggu jadwal wawancara untuk beasiswa disertasi lpdp. Dalam sistem saya memilih teleconference, kerana saya sememangnya sedang berada pada semester kelima di Universiti Kebangsaan Malaysia. Pertanyaan saya adalah bagaimana menunjukkan bukti pengesahan dokumen? apakah saya boleh menukar teleconference tersebut menjadi wawancara langsung (bersemuka dengan interviewer)?. Segala tunjuk ajar dari bapak sy haturkan terimakasih.
    Wassalam

  103. Assalamualaikum Pak.. Saya berminat untuk mendaftar beasiswa LPDP Afirmasi. Apakah LPDP afirmasi juga disyaratkan untuk mengisi formulir online Pak? soalnya saya sudah terlanjur mengisi beberapa data di aplikasi online. Terimakasih

  104. Salam pak Toni, Saya seorang Guru SD dari sekolah swasta. Saya berumur 38 tahun dan saya ingin sekali menambah ilmu saya untuk dapat memberikan lebih bagi anak didik saya. Apakah saya bisa mendapatkan kesempatan dengan umur saya 38 tahun?

  105. selamat siang bapak,
    saya sekarang masih studi s2 di PTN indonesia, harapan saya sy bisa apply s3 pada bulan september 2014 besok di jepang, apakah sy sudah bisa mendaftar untuk menjadi penerima lpdp?
    saat ini saya sedang menyelesaikan proposal tesis saya, dan pada mei besok saya insyaallah tesis saya sudah selesai. terimakasih,

  106. Pak, mau tanya. Ini utk anak saya yg sedang studi s1 di belanda. Universitasnya msk dlm 100 rank dunia. Apakah tdk ada kemungkinan mengajukan beasiswa lpdp?

  107. Makasih banyak ulasannya Pak Toni. Pertanyaan saya : apakah boleh seorang dosen tetap (belum memiliki NIDN) skolah kedinasan departemen perindustrian ikut mendaftar beasiswa lpdp?
    Trima kasih sebelumnya

  108. Assalamualaikum wr..wb.

    Ulasan dr Bapak Sungguh sangat menyenangkan dan memberikan semangat bagi kita semua yg ingin terus mengembangkan diri. Lewat media ini saya mohon Bapak berkenan memberikan penjelasan mengenai: (1) apakah boleh seorang pelamar beasiswa dari lulusan S1 Negeri dan pascasarjana (dr Perguruan Tinggi Swasta) mlmar beasiswa ini untuk mengambil pendidikan S2 lagi di Perguruan Tinggi Negeri untuk lebih memperdalam ilmunya dan tentu unt memperbaiki target pncapaian yg lbih baik dari sebelumnya. Karena sperti yg saya bca dipedoman tdk ada larangan. (2) jika boleh, ijazah mna yang harus dilampirkan yg S1 yg negeri atau S2 yg dr PT swasta….? thanks:)

  109. Salam Bapak, saya ingin minta informasi sbb:
    1. Misalkan saya ambil S3 bahasa Arab dalam negeri di kampus yang tidak mensyaratkan TOEFL minimal 500, apakah saya tetap harus memenuhi TOEFL tersebut untuk mendaftar di LPDP sebagai yang tertulis itu?
    2. Bagi peserta yang lolos admin, wawancara dilaksanakan di Jakarta saja ataukah ada cabang di lain?
    3. Biaya (transpot dan akomodasi) untuk wawancara itu apakah ditanggung oleh LPDP ataukah mandiri?

    Sekian,
    terima kasih atas informasinya.

    Kaserun AS. Rahman
    Jawa Timur

  110. Salam, saya Mirza. saya ingin menanyakan dibuku panduan LPDP disebutkan syarat toefl 500, sedangkan dibuku panduan yang satunya lagi (LPDP Afirmasi) disebutkan persyaratn toefl hanya 400. jadi mana yang benar? terima kasih

  111. asslm pak.. ada info beasiswa bagi mahasiswa yang sudah mulai kuliah gag? karena waktu mau ambil s2 saya coba untuk mendaftar ke DIKTI namun program studi yang saya pilih kebetulan tidak ada sehingga saya tidak bisa mendapatkannya.. mohon bantuannya?

  112. Assalamualaikum Wr.Wb. Sebelumnya terimakasih untuk infonya, sangat bermanfaat.
    Saya yuli dari Aceh,ada beberapa hal yang ingin saya tanaykan. 1. kalau sudah lulus seleksi dokumentasi,seleksi wawancaranya apa di jakarta atau ada cabang daerah di Aceh,.?terus saya lulusan pendidikan biologi kalau s2 ambil MIPa biologi bisa tidak?Mohon infonya…terima kasih.

  113. Assalamualaikum pak :D
    pak bagaimana dengan cost nya pak??
    apakah disesuaikan dgn standart di negara tujuan??
    dan kalau untuk dalam negeri apa disesuaikan??
    karna skrng lagi berjuang untuk nilai TOEFL neh
    untuk ke LN kalau tidak mgnkin cukup di DN saja
    trimas kasih
    wassalam

  114. salam. boleh apply tidak kalau belum tamat kuliah? tapi insyaallah sidangnya bulan februari 2014 ini dan wisuda bulan mei. terimakasih :)

  115. Mau tanya dong, saya saat ini semester 8 (S1) di UI. Saya berniat mendaftar masuk Harvard Graduate School of Arts and Sciences (GSAS) bidang Economics atau Linguistics. Nah, GSAS grad-school 5 tahun, pendaftar lulusan Bachelor, langsung dapat gelar PhD tanpa perlu punya gelar Master. Kira-kira LPDP bisa mencover 5 tahun program ini tidak ya? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

  116. mohon info beasiswa thesisnya Pak, apakah utk dosen dengan NIDN boleh mengajukan beasiswa ini, karena kebetulan kuliahnya biaya sendiri….terimakasih

  117. Mas/Mba apakah seseorang yang lulusan SMA/SMK bisa mendapatkan beasiswa atau dia harus kuliah terlebih dahulu untuk dapat S1 kemudian bisa melanjutkan ke S2 dengan beasiswa.
    Mohon di beri tahu karena saya ingin mendapatkan beasiswa untuk kuliah diluar negri
    terima kasih

  118. Assalamu ‘alaikum Pak, itu yang afirmasi lpdp di situsnya kok gak ada,,jadi gmn cara daftarnya pak untukyang periode 2014??? apakah lansung sj di webnya atau gmn pak??? Krn untuk afirmasi yang saya dengar toeflnya minimal 400… Mohon penjelasannya pak…
    Terima kasih….

  119. mau tanya, pak.. utk pilihan jurusan saya baca diprioritaskan jurusan yang mendukung percepatan mp3ei. Apakah jurusan diluar itu diperbolehkan dan punya kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini? terima kasih

  120. assalamualaikm, saya bingung pak. apakah setelah kita dinyatkan lulus dr seleksi lpdp, secara otomatis juga akan diterima di universitas yang akan saya tuju? apakh proses seleksi administrasi, dll yang diminta oleh univ yg kita tuju akan diurus oleh lpdp? ato bagmn pak? terima kasih. Wassalamualaikm

  121. Semangat pagi admin.
    saya sekarang kuliah di Sanata Dharma Yogyakarta fakultas psikologi. Apakah ada kesempatan untuk kelak mengajukan beasiswa S2 ke Luar Negeri untuk fakultas Psikologi. Terimakasih. :)

  122. tgl. 7 Februari 2014, Bp. Abdul Khohar dan Bp. Muhamad Sofyan menyampaikan sosialisasi program LPDP di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), salah satunya program beasiswa Pendidikan Depkeu. Di dalam sosialisasi beasiswa termasuk beasiswa untuk dokter spisialis (dr.Obgin, dr. Spesialis anak, spesialis gizi dan klinik,spesialis penyakit dalam). Mohon penjelasan pak, kepapa beasiswa untuk dokter spesialis tidak termasuk dalam daftar program studi dan sasaran beasiswa LPDP?.Trimakasih

  123. mas, yg Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat tindakan melanggar hukum;
    Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat dalam tindak pelanggaran kode etik akademik;
    Menandatangani Surat Pernyataan mengabdi pada kepentingan bangsa Indonesia;
    Menandatangani Surat Pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain ,
    itu semua buat sendiri aja ya? terus kita ttd sendiri pke materai?

  124. Apakah batas nilai IPK boleh ditawar (kurang sedikit) jika sudah punya LoA dari kampus yang diakui LPDP? Alhamdulillah saya sendiri sudah dapat beasiswa AAS, sedang mencari alternatif untuk suami.

  125. Dear,

    Pak, maaf saya mau nanya.
    Kebetulan saya sudah mendapat 2 LOA Conditional Offer dari dua Universitas di UK:
    1. University of Sheffield. IELTS harus 7.0
    2. University of Southampton. IELTS harus 6.5

    Sebetulnya saya sedang persiapan IELTS. Dan sejujurnya saya menginginkan kuliah di Sheffield, tapi karena belum terlalu yakin atas IELTS, jadi saya juga punya cadangan. Apakah saya harus membuat 2 akun untuk apply beasiswa LPDP?

  126. Ass Pak, apakah saya bisa ikut pragram ini sedangkan saya gtt non k2, IP saya cuma 2,79.Saya hampir 9 tahun sebagi gtt di SD Negeri.Tatapi semangat saya untuk melanjutkan ke S2 masih tinggi.

  127. Selamat pagi, saya mau tanya untuk mengetahui bidang dokter spesialis apa saja yang disediakan beasiswa di mana . Kemudian apakah juga mengikuti ketentuan IPK lebih dari 3, terima kasih

  128. Pak, Nama saya Nining. Saya sudah pernah melamar beasiswa LPDP namun waktu selesksi wawancara belum lolos. saya dapat info kalau yang sudah pernah wawancara namun tidak lolos boleh mendaftar tapi setahun lagi. Apakah benar? Saya tidak menemukan tentang info tersebut di booklet atau di websitenya. Terima kasih

  129. makasih banyak
    atas infonya mas tony. saya salahsatu guru di pelosok mas. saya lihat tidak ada bidang keguruan. apa kemungkinan untuk bisa dicoba saja?

  130. aslm. pak maaf mau tanya pak untuk penulisan essay beasiswa tesis apakah ke tiga tema harus dibuat semua atau kita pilih salah satu??? mohon jawabannya,,,trmksh y pak

  131. aslm. pak maaf saya salati mau tanya kalau penulisan esai utk beasiswa tesis itu kita buat ketiga tema atau pilih salah satu?? mohon jawabannya..

  132. Pak Toni
    Saya sudah mendapat offer letter dari 4 program master di UK, salah satunya University of Manchester untuk MSc Operation, Project and Supply Chain Management. Pada saat saya apply LPDP saya belum menerima LoA. Singkat cerita, saya tidak lolos seleksi administrasi.Namun untuk apply lagi, menurut admin bbeasiswa LPDP baru bisa dilakukan 1 tahun lagi bukan kapan saja seperti keterangan Bapak. Saya pikir jika saya reapply dengan tambahan LoA dari kampus dengan ranking 33 dunia dan ranking 12 untuk program SCM, akan mampu meloloskan saya ke tahap wawancara. Mohon sarannya pak. Karena kesempatan ini amat berharga buat saya. Terima kasih

  133. Ass.wr,wb…
    Bapak saya mohon informasi..Saat ini sedang melakukan penelitian disertasi akan tetapi karena keterbatasan dana maka saya berniat melamar beasiswa disertasi LPDP..apakah saya bisa diberikan kesempatan untuk mendapatkan bantuan beasiswa tsb mengingat status saya sebagai dosen PNS yang memiliki NIDN dan penerima BPPS..Saya juga pernah mencoba mengajukan proposal Hibah doktor DIKTI tapi karena keterbatas dana sehingga dari kampus kami hanya mengakomodir satu proposal saja..Sekali saya mohon informasinya..terimakasih..
    Wass.wr.wr

  134. terimakasih atas informasi yang sangat bermanfaat bagi saya pak! kenalkan nama saya muchlishatun, tahun ini saya rencana ingin mendaftar lpdp, yang menjadi pertanyaan saya, untuk test TOEFL apakah ditentukan lembaga mana saja yang memenuhi persyaratan dari LPDP? ataukah kita dapat tes dimanapun asalkan memenuhi kriteria dari batas nilai kelulusannya? terimakasih atas jawaban yang telah diberikan

  135. Assalamualaikum,
    Apakah beasiswa LPDP dapat menggunakan Skor AcEPT UGM yang setara toefl itp 500, apabila tujuan saya pascasarjana di UGM ?
    terimakasih

  136. Salam Pak Toni, saya ingin menanyakan apakah dosen Non-PNS bisa mendaftar lpdp? karna saya dengar, dosen tidak boleh mendaftar lewat lpdp, tapi melalui dikti. tapi saya cek ke dikti, tidak ada lagi beasiswa untuk dosen Non-PNS. Mohon infonya pak. Makasih

  137. Pak, kalau sudah lolos beasiswa LPDP (Dalam Negeri) apakah nantinya ada syarat bahwa penerima perempuan tidak boleh hamil selama masa studi?
    Terima kasih

  138. pak..sy salah memasukkan email yg sudah tidak aktif,,gmna solusinya untuk mengganti akun…krn untuk daftar kembali tidak bsa krn tdk boleh memiliki 2 akun.mohon solusinya….

  139. pak saya salah memasukkan email yg sudah tidak aktif..untuk mengganti akun gimana pak,,krn sy buat akn baru tidak dibolehkan untuk memiliki 2 akun.mohon solusinya pak…

  140. Pak Tony, kalau sy baca rata2 kasusnya adalah sama, mereka sdh mempunyai LOA tp mah kurang di IELTS dan saya sendiri mempunyai kasus yang sama. Saya sdh mendapatkan 3 LOA dr UK dan sdh persiapan IELTS dan sdh submit sblm 19 Mei jika untuk diseleksi bulan depan, kata salah satu petugas di pameran beasiswa. Semoga saja apa yg bapak katakan itu benar bhwa LOA akan menjadi pertimbangan karena sy sdh menelfon pihak LPDP itu menjadi syarat utama. Saya tidak tahu apalaj mas iqbal dan lainnya lolos administrasi dg skor IELTS kurang? Saya telah melampirkan surat pernyataan akan menunjukkan skor 6.5 pd saat wawancara karena sy baru tes 7 juni untuk ketiga kalinya. Mohon infonya pak Tony.
    Terimakasih

  141. terimkasih infonya Pak, saya mau tanya apakah sekarang sudah ada alokasi beasiswa lpdp untuk Spesialisasi khususnya dokter? boleh minta linknya pak?

    Terimakasih sebelumny.

  142. Pak, kalau pernah ikut organisasi tetapi tidak memiliki sertifikat sebaiknya tetap dimasukin dalam form pendaftaran atau tidak? Terimakasih

  143. infonya bermanfaat sekali.
    Saya berminat, tapi saya lihat di Fakultas yang dituju tidak ada Fakultas Kesehatan Masyarakat. saya berencana untuk mengambil magister di FKM. Apakah beasiswa yang tersedia hanya untuk fakultas tertentu? Mohon infonya. Terima kasih sebelumnya

  144. Dear Admin,
    Sy sedang S3 di LN, dan akan melakukan riset di Indonesia, beasiswa sy memberikan dana untuk penelitian selama 6 bln total $1300 USD, dana tersebut tidak mencukupi dengan rencana penelitian, apakah sy bisa apply ke lpdp untuk beasiswa thesis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>