Dibaca: 3,175 kali    Komentar: 1  

Khairullah Razak: “Beasiswa ITEC India”

Khairullah RazakBeasiswa Short Course dari Pemerintah India merupakan beasiswa yang ketiga kalinya saya dapatkan. Nama course dari beasiswa ini adalah English Proficiency and IT Skills selama 10 Minggu di New Delhi. Tepatnya waktu itu 12 Juni 2012 – 20 Agustus 2012. Nama beasiswa ini adalah Indian Techology and Economic Cooperation (ITEC) yang ditujukan untuk negara-negara di Asia, Afrika dan Amerika Latin.

Disamping menimba ilmu, kitapun mendapatkan pengalaman, berbagi pengalaman dengan teman-teman dari berbagai belahan dunia. Pengalaman yang sangat berharga dalam hidup saya dan memperkaya pemahaman saya terhadap budaya orang lain. Tentu hal tersebut bisa membuka cakrawala berfikir kapan lagi saya bisa bertemu dengan teman dari Chile, Honduras, Mongolia, Nepal, Panama, Bhutan, Kyrgiztan, Turkmenistan, Uzbekistan, Kongo, Zimbabwe, Mesir, Senegal, Gambia, Komoro, Tanzania dan Vietnam.

Selama program berlangsung, kita ditempatkan di hotel dan setiap peserta mendapatkan 1 kamar. Hal ini menghindari benturan budaya apabila berbagi kamar dengan peserta lain. Setiap harinya transportasi dari hotel ke kelas menjadi tanggungan panitia dengan menyiapkan mobil antar jemput buat peserta. Disini kita belajar memanaje grup karena semua datang dari berbagai macam budaya dan kebiasaan sehingga dibutuhkan toleransi antara sesama peserta.

Adapun fasilitas yang diberikan beasiswa ini adalah roundtrip tiket dari bandara internasional dari negara masing-masing peserta dari dan ke India, uang saku selama program, liburan 4 hari ke Agra, Jaipur dan Rajhastan dan layanan medis selama program. Bidang-bidang yang bisa diambil diantaranya Keuangan, Audit, Perbankan, IT, Telekomunikasi dan Bahasa Inggris, Manajemen Keuangan, SME/ Rural Development, beberapa bidang khusus dan teknis dan environment and renewable energy.

Lama dari coursenya sendiri berbeda-beda antara satu course dengan yang lainnya. Semuanya bergantung dari course yang kisarannya dari 2 – 20 Minggu. Disamping short course, beasiswa ini juga menawarkan beasiswa S2 untuk bidang-bidang tertentu. Adapun isi dari program yang saya ikuti adalah belajar mengenai cara efektif berkomunikasi yang baik dalam bahasa Inggris yang sering kita temui dalam dunia kerja ditambah pengetahuan dasar IT , Waktu pembelajarannya dari senin – jum’at namun kadang Sabtu juga harus masuk kelas. Setiap harinya sekitar 4-5 jam kita belajar di dalam kelas. Menurut saya pengajarnya mantap karena mereka sudah mengerti bagaimana mengajar international students sehingga bahasa Inggris saya benar-benar bertambah saat saya di New Delhi.

Untuk melamar beasiswa ini silahkan download form aplikasinya dan brochure coursenya di http://itec.mea.gov.in/ dan kirimkan ke Indian Mission terdekat dari kota Anda. Sebagai informasi untuk kawasan Timur Indonesia Anda bisa mengirimkan aplikasi Anda ke Konsulat India, Bali Jl. Raya puputan No. 163, Renon, Denpasar, Bali- 80235. Sebagai informasi beasiswa ini ditujukan untuk umum. Saya sendiri sebagai pegawai negeri sipil dan beberapa teman saya yang bekerja di sektor swasta telah berhasil mendapatkan beasiswa ini. Jika ada diantara rekan-rekan yang ingin mencoba silahkan. Beasiswa ini layak dicoba. Jika ada hal yang masih ingin ditanyakan silahkan menghubungi saya di khairullah.razak@gmail.com

Komentar di Posting “Khairullah Razak: “Beasiswa ITEC India”

  1. Terima kasih untuk motivasi beasiswa karena melalui tulisan saya ini banyak email yang masuk ke saya yang menunjukkan minat untuk berpartisipasi pada beasiswa ITEC. Sehubungan dengan banyaknya email yang masuk dimana belakangan ini saya perhatikan isinya hampir sama saya lalu menulis jawaban-jawaban tersebut di blog saya yang boleh dilihat di http://khairullahabdulrazak.blogspot.com/2013/12/frequently-asked-question-beasiswa-itec.html serta cara pengisian formulirnya di http://khairullahabdulrazak.blogspot.com/2013/12/frequently-asked-question-beasiswa-itec.html

    terima kasih.

    salam,

    Khairullah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>