Dibaca: 11,191 kali    Komentar: 78  

Lenny Kepri: “Beasiswa Community College Initiative Program”

Sudah puluhan kali saya melamar kerja sebagai Writer, Editor atau Copywriter. Hasilnya selalu sama, nihil. Saya percaya ini bukan karena kemampuan saya tapi karena basically saya tidak memenuhi persyaratan pertama yaitu lulusan S1 dari Komunikasi/Jurnalis/Public Relation/Sastra dan sebagainya. Sebelumnya saya adalah lulusan sarjana komputer yang kemudian ingin berganti profesi. Saya sudah melampirkan CV dan mencantumkan pengalaman saya berkecimpung di dunia tulis menulis. Namun, sekali lagi hasilnya nihil. Hingga akhirnya saya mendapat informasi dari sahabat saya tentang beasiswa Community College Initiative Program(CCIP).

CCIP adalah program beasiswa non-degree selama satu tahun yang dibiayai oleh pemerintah USA. Di Indonesia, CCIP dikelola oleh AMINEF. Boleh dibilang CCIP ini “adiknya” si Fullbright. Total peserta yang diberangkatkan tahun ini(2013-2014) berjumlah 48 orang dari Aceh sampai Papua, dari lulusan SMU hingga middle level professionals working yang mengambil jurusan Media, Tourism and Hospitality Management, Business Administration, IT, Engineering and Early Childhood Education. CCIP dimaksudkan untuk membantu para pekerja untuk meningkatkan skill dalam bekerja maupun personal. Tidak hanya itu, sebagai penerima beasiswa sudah sepatutnya para penerima beasiswa otomatis menjadi duta bangsa Indonesia yang akan memperkenalkan Indonesia di mata internasional.Tidak hanya mendapatkan kesempatan belajar dan magang kerja di Amerika, penerima beasiswa CCIP juga berkesempatan berkecimpung di berbagai kegiatan lainnya seperti community service, cultural event dan berbagai workshop pengembangan leadership and self development. Ketika akan mendaftar, saya harus memperhatikan syarat syarat yang diwajibkan yakni :

  1. Minimum telah mengenyam pendidikan SMU/ S1. Sebenarnya diprioritaskan untuk lulusan SMU, tetapi nyatanya kebanyakan yang lolos adalah lulusan S1. Untuk lulusan S1, harus mengajukan bidang studi yang berbeda dengan pendidikan S1 nya tetapi harus sesuai dengan pekerjaan/kegiatannya saat ini. Contohnya saya lulusan S1 komputer tetapi mendaftar untuk jurusan media. Note : Beasiswa ini tidak berlaku untuk lulusan S2 dan S3.
  2. Memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik yang ditunjukkan dengan nilai ITP TOEFL minimum 450 atau setara (untuk TOEIC dan IELTS)
  3. Mengisi application form yang tersedia. Selain mengisi biodata, di dalam Application Form ini juga terdapat 4 mini-essay yang harus diisi. Jawablah dengan memberikan contoh/gambaran yang spesifik agar penilai dapat menilai kecocokan anda dengan program beasiswa ini.
  4. Mengirimkan berkas yang diminta dalam bentuk hard copy (print) ke AMINEF. Beberapa hal yang cukup menyita waktu saya dalam menyiapkan berkas yang diminta adalah terjemahan sertifikat dan daftar nilai ijazah SMU serta universitas yang sudah dilegalisir ke dalam bahasa inggris. Saya akhirnya menggunakan penterjemah tersumpah di jakarta untuk melakukannya karena saya tidak menemukan penerjemah tersumpah yang diinginkan di Jambi.

Ketika semua dokumen telah dikirim, saya tinggal menunggu panggilan wawancara dan Tes TOEFL di kantor AMINEF pada bulan Desember 2012. Setelah dinyatakan lolos, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah Medical Check Up. Rupanya medical check up jauh lebih sulit dan memerlukan penantian dan kesabaran tingkat tinggi karena requirement dan standard yang ditetapkan pemerintah USA cukup tinggi. Saya sempat didiagnosa terkena TBC. Tentu saja saya tidak merasa sama sekali sehingga saya harus membuktikannya dengan X-ray, rontgen paru hingga melakukan tes darah sekali lagi di luar kota Jambi untuk membuktikan saya bersih dari penyakit TBC. Setelah proses medical check up selesai, proses terakhir adalah menanti email berisi official letter sebagai penerima beasiswa. Dari email tersebut, barulah saya tahu state dan nama community college yang menjadi tujuan studi saya.

Saat ini, saya mengambil jurusan Journalism di Scottsdale Community College, Arizona dan merasa sangat bersyukur mendapatkan kesempatan ini. Saya percaya dengan pengalaman serta ilmu yang saya pelajari di sini, sepulangnya saya tahun depan ke Indonesia maka panggilan interview kerja pun akan berdatangan. Amin! Kalau saya saja bisa menggapai mimpi ku, kenapa tidak? Ayo dicoba! Untuk mendownload formulirnya klik di sini

http://www.aminef.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=12&Itemid=103

 

78 Komentar di Posting “Lenny Kepri: “Beasiswa Community College Initiative Program”

  1. Dear Mbak Lenny.
    Menarik sekali share pengalamannya, Mbak Lenny. Sangat menginspirasi kami pencari beasiswa. Terkait dengan penterjemah tersumpah yg Mbak Lenny sebutkan, mohon informasi kontak penterjemah tersumpah yg ada di Jakarta yg Mbak Lenny kemarin mintakan translasikan dokumennya.
    Sekiranya berkenan, mohon diinfokan ke email saya.
    Sebelum dan sesudahnya disampaikan terima kasih.
    Salam

    Iskandar

  2. Mbak hebat sekali pengalamannya saya merdeka jurusan saya perikanan, kira- kira apakah di ccip aminef ini boleh daftar jurusan yg tidak sama dengan jurusan aslinya? Terus apakah boleh untuk yang masih menempuh s1. Terima kasih

    • Hi merdeka(namanya unik banget),

      MERDEKA!
      kalau masih menempuh S1 berarti nanti tulisnya baru lulusan SMU, dan boleh. Khusus lulusan S1 memang diharuskan mengambil kuliah yang berbeda dengan lulusan S1nya. Contohnya u mengambil perikanan, setelah lulus kamu daftar tourism.

  3. hallo ka lenny, ka utk tes toefl nya apakah pembuktian tes toefl nya bisa berlaku scara independent artinya kita melakukan tes di luar dari lembaga aminef, ataukah tesnya hanya berlaku untuk toefl tes yang diadakan aminef ??

    • Hai gege,

      Boleh secara independent dan di luar AMINEF. Saya mengambil tes toefl ITP di salah satu perguruan tinggi negeri di kota saya.

      Nantinya kalau lolos seleksi berkas, bakal dipanggil untuk mengikuti tes toefl yang diadakan di gedung aminef langsung.

  4. Hi, Kak Lenny! Saya juga berminat ikutan program CCIP tahun 2014 ini. Saya bingung, misalnya kita pilih bidang Media, apa kita harus mempelajari sub-bidang lainnya? (seperti Animasi, dll) atau nantinya kita hanya memperlajari satu sub bidang? (misal, PR). Mohon diperjelas Kak. Terima Kasih.

    • Hai Ana,

      Tidak harus. Nantinya mata kuliah yang kamu ambil adalah yang sesuai dengan pekerjaan u. Misalnya saya ambil media tapi saya fokus di online magazine dan travel blog. Jadi kelas yang saya ambil kebanyakan tentang menulis saja. Tapi bisa juga jika u mau ambil sub-bidang lainnya (PR atau animasi) selama u bisa menjelaskan kenapa matkul itu penting untukmu :)

  5. kak, Qu erpin dari Sorong, Papua,

    thun lalu Qu apply beasiswa CCIP,, tpi g’lolos,,
    skrng qu smster 7 jrusan pendidikan bhs Inggris & Qu mengajar bhs Inggris di SD,,
    klau Qu apply beasiswa CCIP,, hrus ambil jrusan Early Childhood Education atau jrusan yg lain??

    Thank you

    • Hai Erpin,

      Kalau bisa tamatkan dulu kuliahnya yah :)
      Jurusan yang akan diambil terserah kamu yang penting sesuai dengan pekerjaan kamu sewaktu apply. Early childhood education bagus kok. Banyak juga yang ambil itu :)

      Good luck!

    • Tidak di gaji. Dan selama CCIP kita tidak boleh mencari pekerjaan ataupun menghasilkan uang. Jadi kalau internshipnya nawarin memberikan gaji juga ga boleh :)

    • Syaratnya asalkan diatas 18 tahun. Jangan takut mbak itu masih muda. Banyak kok peserta yang lulus yang sudah diatas 40-an tahun. Asalkan mbak yakin dan sanggup mengikuti perkuliahan dan lolos :)

  6. mba, saya boleh minta CP? email/fb gtu. karna saya mau melawar beasiswa ini.
    Btw, misalnya saya lulus (Amin), apakah saya akan kuliah di USA nntinya? atau cari sendiri lagi? Terima Kasih :)

  7. Kak, mau nanya, kalau untuk menerjemahkan ijazah SMA itu wajib sama penerjemah tersumpah? Kalau diterjemahkan sendiri atau minta kerabat menerjemahkan, terus dilegalisasi ke SMA (gak pakai jasa penerjemah tersumpah), kira-kira boleh gak ya? Makasih. :)

    • Hi Yuke,
      Awalnya saya juga seperti itu. Saya translate lalu dilegalisir oleh sekolah. Ketika mengirimkan berkas dan diterima, itu tidak jadi masalah hingga akhirnya ketika berkas diproses lebih lanjut untuk di USA, mereka ga terima dan akhirnya harus ke penerjamah tersumpah. So i recommended to use penerjemah tersumpah

  8. dear mbak lenny.

    saya sekarang sementara kuliah di politeknik makassar, dan saya sendiri belum bekerja. tapi persyaratan dari form application ccip minta surat dari HRD perusahaan, tapi saya tidak mencantumkan surat itu, apakah saya bisa diterima?

    satu lagi mbak len saya masih bingung dengan pertanyaan ini. (Within your proposed Field of Study, please describe your specific area of interest and your related experience) ? bisa di jelaskan mbak.
    makasih.

  9. dear mbak lenny.

    saya sekarang sementara kuliah di politeknik makassar, dan saya sendiri belum bekerja. tapi persyaratan dari form application ccip minta surat dari HRD perusahaan, tapi saya tidak mencantumkan surat itu, apakah saya bisa diterima?

    satu lagi mbak len saya masih bingung dengan pertanyaan ini. (Within your proposed Field of Study, please describe your specific area of interest and your related experience) ? bisa di jelaskan mbak.
    makasih sebelumnya.

    • Hi wawan,

      ada baiknya kamu selesaikan dulu kuliah kamu atau kecuali kamu telah bekerja sewaktu kuliah. Iya untuk tahun ini ada penambahan syarat yakni harus melampirkan surat rekomendasi dari pihak kamu bekerja. Jika tidak dapat dilampirkan, kemungkinan kamu tidak lolos seleksi berkasnya.

      Contohnya saya mengambil jurusan media khususnya journalism. Saya mencantumkan apa apa saja pekerjaan saya yang terkait dengan bidang yang saya ambil. Contohnya saya punya majalah online dan saya seorang travel blog.

      Terima kasih

  10. Mbak, saya sudah mengapply program CCI tahun 2014-2015 ini, tp aplikasi yg saya download berbeda dengan aplikasi terbaru sekarang, padahal saya mendownloadnya sekitar sebulan yg lalu. Aplikasi saya tidak tercantum bagian letter of support. Apakah hal ini akan mempengaruhi seleksi administrasinya?

    • Untuk hal ini saya tidak bisa menjawabnya. jika hingga pertengahan atau akhir desember tidak ada info dari AMINEF, kemungkinan besar berkas anda tidak lolos seleksi.

      But anyway, good luck!

      • Iya sy jg ngirim dari dulu, dan belum ada syarat letter of support. smoga bukan menjadi krusial krn sy amati form aplikasi 3 x perubahan.

  11. hi ka,, aku baru saja mengumpulkan aplikasi CCIP 2014/2015 … aku hanya mautanya kira-kira proses untuk dipangil wawancara dan tes TOEFL berapa lama dari deadline pengumpulan aplikasi? dan hingga berapa lama sampai pengumuman lolos? berapa lama di Amerika? apakah benar kita bisa langung bekeja disana? terimakasih ka… You’re inspiring me… :D

    • Hi Andy,
      Deadline berkas itu tanggal 1 November setiap tahunnya. Pengumuman siapa2 ja yang dipanggil untuk wawancara dan tes toefl di kantor AMINEF itu biasanya awal desember dan akan berlangsungnya pertengahan atau akhir desember. Bagi yang lolos ke tahap selanjutnya, akan diberitahukan lagi pengumumannya januari untuk medical check up. Setelah itu menunggu hasil pasti anda berangkat kira2 bulan juni dan pemberangkatan pertama biasanya bulan juli hingga awal september.

      Selama di amerika, bakalan kuliah. Internship itu di semester kedua dan itu pun tetap kuliah..

      Terima kasih

  12. kak boleh dijeleskan sekali lagi proses menterjemahkan izajah sma dan transkrip nilai nya itu ke bhsa inggris butuh biaya berapa dan proses nya brp lama ??
    trimakasih kak

    • Hai fermi,

      Sewaktu itu di Jambi tidak ada yang bisa menterjemahkan transkrip saya ke bahasa inggris sehingga saya menggunakan jasa penterjemah online di website ini http://www.alizar-translation.com/ Transkripnya cukup dikirim via email dan nanti hasilnya juga dikirim balik via email (scan). Hasilnya memuaskan dan diterima oleh pihak AMINEF. Prosesnya hanya satu hari karena saya butuh ASAP dan itu menyebabkan saya harus membayar mahal. Kalau bisa u cari di kota atau universitas u terlebih dahulu. biasanya bagian English department ada yang bisa menterjemahkan dan harganya bersahabat, hanya saja waktu yang diperlukan lebih lama. Oleh karena itu menterjemahkannya dari jauh2 hari yah.

  13. yahh aku pakai recommend letter dari supervisor aku dan aku kan lulusan SMK jurusan Akuntansi. Dan dlam program ini aku abil jurusan akuntansi lagi,,, haduuhhh kira-kira bakal di proses atau tidak ya?? terimakasih ka

    untuk @FERMI kemarin aku pakai penerjemah tersumpah satu lembarnya 50 rb . kamu bisa langsung chatting dengan penerjemahnya diYM @solusipenerjemah …. waktu itu prosesnya cepat,, hanya 3 hari sudah dikirim. dia berkantor pusat di tanah abang, jkarta

    • hai andy,

      sewaktu zaman saya, yang mewawancarai saya ada 3 orang ( 1 orang asing dan 2 orang indonesia) dan dilakukan dalam bahasa inggris. Saya diminta memperkenalkan diri. Setelah itu mereka menanyakan background pendidikan, riwayat pekerjaan, alasan mengikuti CCIP, skil atau ilmu yang ingin dicapai, cita cita masa depan dan apa yang akan kamu lakukan sekembalinya ke indonesia.

      Cukup singkat kok paling hanya 10 menit. Kuasai apa yang tulis di application form dan jangan nervous, thats it :)

      good luck yah

  14. Hello Mbak Lenni..

    aku seneng bgt aku 2 hari yg lalu dpt email pemberitahuan dari AMINEF bahwa aku lolos utk ikut interview.

    aku minta tips dari mbak donk mengenai interview hehe, jujur aku nervous bgt nihh

    trus kan wktu aku apply berkas aku gk mencantumkan letter of support, perlu gk sih aku bawa letter of support pada saat interview ?

    thx :D

  15. Hello Mbak Lenni..

    aku seneng bgt aku 2 hari yg lalu dpt email pemberitahuan dari AMINEF bahwa aku lolos utk ikut interview.

    aku minta tips dari mbak donk mengenai interview hehe, jujur aku nervous bgt nihh

    trus kan wktu aku apply berkas aku gk mencantumkan letter of support, perlu gk sih aku bawa letter of support pada saat interview ?

    thx :D

    • hai gae,

      Selamat yah! iya dibawa aja letter of recommendationnya.

      Jika anda terpilih untuk wawancara, pastinya pihak amienef sudah melihat bahwa kamu punya potensi. jadi basically pertanyaan seputar yang kamu tulis di application form.

      sewaktu zaman saya, yang mewawancarai saya ada 3 orang ( 1 orang asing dan 2 orang indonesia) dan dilakukan dalam bahasa inggris. Saya diminta memperkenalkan diri. Setelah itu mereka menanyakan background pendidikan, riwayat pekerjaan, alasan mengikuti CCIP, skil atau ilmu yang ingin dicapai, cita cita masa depan dan apa yang akan kamu lakukan sekembalinya ke indonesia.

      Cukup singkat kok paling hanya 10 menit.

      good luck yah

    • Hai wice,

      Tidak ada ikatan dinas. Tetapi kita dianjurkan membuat sebuah social project (tergantung pada interest anda) ketika sekembalinya ke Indonesia :)

  16. Hai Dik Lenny,

    Salam kenal, sepertinya saya sempat bertemu dengan dik Lenny pas wawancara CCIP. Pas saya keluar dari ruang wawancara dan dik Lenny dapat giliran wawancara. Waktu itu pakai batik dan dengan adik kecil datang yah?

    Alhamdulillah dik Lenny bisa berbagi cerita di forum ini dan bisa menginspirasi orang banyak…Jika ada rekan2 sekalian ingin butuh tips untuk CCIP dan wawancaranya saya bisa bantu dan silahkan email ke khairullah.razak@gmail.com. Sebenarnya seluruh proses CCIP telah saya jalani tahun 2012 dari wawancara sampai medical check up namun di awal Maret 2013 saya dinyatakan lulus di beasiswa Australia Awards sehingga saya memilih melanjutkan proses beasiswa dari pemerintah Australia tersebut. Jadi jika ada rekan sekalian minta saran untuk CCIP bisa mengemail saya.

    salam,

    Khairullah

  17. halo mba lenny

    sya mau tanya kalau lulusan SMA trus mau daftar program CCIP tapi tidak ada pengalaman kerja apakah bisa mengajukan beasiswa…?

  18. Hi ka lenny,,, aku mau tanya,,, pengumuman nominated candidate itu serentak nggak emailnya di kirim semua pada hari yang sama ke semua candidate?? jika yang belum menerima email apapun, apa ada yang harus menunggu beberapa hari yang berbeda dari peserta yang telah mendapat email sebagai nominated candidate?

    terimakasih…

    • Hi andy,

      saya tidak bisa menjawab untuk pertanyaan ini tetapi berdasar pengalaman sebelumnya… email yang diterima berbeda beda waktunya. Saya termasuk agak telat selang beberapa hari setelah teman2 saya yang lain menerima email sebagai nominee.

  19. tapi ka.. aku baca blog salah satu candidate yg berhasil ke USA. dia alumni 2010 (seingat aku) nah dia mendapat email setelah dua bulan paling telat katanya…

  20. Mbak Leny,

    Makasih banyak tulisannya, sangat inspiratif….Adik juga mau nyoba….date line’nya kapan yah? Rencana mau ambil Media juga……Waktu wawancara apa saja yang ditanyain? Makasih banyak untuk penverahannya.

    Salam,
    Hendrik Wakum

  21. Hai, Mbak Lenny. Senang sekali ketemu tulisan tentang pengalaman orang yang dapet CCIP ini. Saya sudah coba 2 kali, tapi belum berhasil,

    Saya lulusan jurnalistik, dan bekerja di media pada waktu itu. Untuk memenuhi syarat jurusan yang berbeda dengan lulusan pendidikan, saya pun memilih jurusan Hospitality. Apa karena itu ya saya tidak diterima? :(

    Saya ingin mencoba tahun lagi. Kebetulan saya tidak bekerja di bidang media lagi. Mudah-mudahan dapat kesempatan yang lebih baik. Sukses untuk Mbak Lenny/ :)

    • Hai vinny,

      Memang persyaratannya harus memilih jurusan berbeda dengan ijazah kita tetapi juga harus sudah punya pengalaman di bidang kerja yang bakal diambil itu. Apakah punya pengalaman di kerja di dunia hospitality?

  22. Salam kenal, Mbak Lenny.

    Untuk fotokopi dokumen terjemahan ijazah / sertifikat, apakah harus mengirimkan yang asli (fotokopi dengan stempel asli) atau boleh fotokopi saja (fotokopi dokumen yang sudah distempel)?

    Terima kasih. =)

  23. hai ka lenny, rasanya pengen deh bisa nular keterima beasiswa CCIPnya.. oya ka taun lalu saya coba apply beasiswa ini tapi ga lolos :D , saya mau coba taun ini mudah2an bisa lolos :) Aminnn. Semenjak saya di d3 tingkat akhir saya sudah bekerja jadi akuntan sampai akhirnya saya lanjut s1 berarti kira-kira udah 2 tahun lebih saya bekerja dibidang ini, kebetulan taun lalu saya apply utk early childhood edu tapi pengalaman saya mengajar ank2 hanya sekitar 3 bulan saja. sedangkan program ini kan mengharuskan kita untuk mengambil jurusan yg berbeda, kalau menurut kk apa saya dengan hanya 3 bulan aja cukup atau saya harus menambah pengalaman mengajar agar lebih meyakinkan?

    terimakasih :)

  24. Mbak Lenny…
    Kebetulan saya dapat informasi ini dari teman yg kebetulan udh beberapa kali interview dan diminta untuk buat pasport tp ternyata untuk pmbrgktan 2014-2015 udh deadline kan. Apakah program ini ada lagi tahun depan?

  25. Dear Mba Lenny..

    mba.. bisa contact or emailnya dong??

    yunii ada bbrapa hal yg ingin dtanyain nih tntng CCIP..

    thanks yah mba..
    ditunggu replynya ya mba.. >.< ^^

  26. mbak lenny aku mau tnya nih,
    kalau lulusan d3 bisa mengikuti program ini mbak?
    kebetulan aku ambil d3 keperawatan, kalau ikut CCI program boleh ambil early diagnosis childhood mbak?
    apa harus berbeda?

  27. Dear Mba Lenny, boleh aku minta alamat email nya. Aku sedang menyiapkan berkas-berkah CCIP, tapi ada kendala sedikit. Ingin berdiskusi dengan Mba.

    Terima kasih sebelumnya

  28. hallo, saya lulusan d3 komunikasi dan skrg bekerja di salah satu tv swasta apa bisa ikut program ini? apakah harus lulusan s1?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>